FIFGROUP Raih Penghargaan GOLD Rating ESG Nusantara 2024

FIFGROUP
AdvertisementAds

SUARATERKINI, Jakarta – PT Federal International Finance (FIFGROUP), salah satu anak perusahaan PT Astra International dan bagian dari Astra Financial, kembali menunjukkan komitmennya dalam penerapan prinsip keberlanjutan (ESG – Environmental, Social, and Governance) dengan meraih penghargaan bergengsi GOLD Rating ESG Nusantara dalam ajang Rating ESG Nusantara 2024.

Penghargaan ini diberikan oleh The La Tofi School of Social Responsibility, lembaga terkemuka dalam penilaian tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia.

Penghargaan GOLD Rating ESG Nusantara ini diberikan berdasarkan penilaian menyeluruh oleh dewan juri, yang mengevaluasi tiga aspek utama dari implementasi keberlanjutan di FIFGROUP, yaitu:

1. Environmental Aspect of FIFGROUP Sustainability Aspirations (Aspek Lingkungan)

2. Social Aspect of FIFGROUP Sustainability Aspirations (Aspek Sosial)

3. Governance Aspect of FIFGROUP Sustainability Aspirations (Aspek Tata Kelola)

Penilaian tersebut berhasil memberikan FIFGROUP skor total 8,5 yang menjadikannya layak mendapatkan GOLD Rating Nusantara dalam kategori Kalimantan. Penghargaan ini mencerminkan upaya berkelanjutan FIFGROUP dalam menerapkan praktik-praktik terbaik terkait lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dalam semua lini bisnis dan operasionalnya.

BACA JUGA:  Lazada dan The LEGO Group Dukung Kreativitas dan Resilien Anak Melalui Permainan

Sejalan dengan penghargaan ini, FIFGROUP menegaskan komitmen jangka panjangnya melalui FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations, sebuah rencana strategis keberlanjutan yang berpedoman pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), regulasi serta standar nasional dan internasional, serta Astra Sustainability Aspirations.

Dalam pelaksanaan strategi ini, FIFGROUP mengimplementasikan pendekatan Triple P Strategy yang mencakup Portfolio, People, dan Public Contribution. Strategi ini menjadi landasan perusahaan dalam memastikan kontribusi positif tidak hanya terhadap bisnis, tetapi juga terhadap masyarakat dan lingkungan.

Penghargaan ESG NUSANTARA ini diberikan secara langsung oleh Founder and Chairman The La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Forensik ESG Nusantara.

Penghargaan diserahkan kepada Charles DW Simaremare, Head of Environment, Health, Safety, Social Responsibility, and Sustainability Management Department FIFGROUP, dalam sebuah seremoni yang diadakan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai perusahaan yang dinilai berhasil menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam operasionalnya, dengan tujuan memberikan apresiasi serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA:  FIFGROUP Resmikan Pemasangan Solar Panel ke-20 di Cabang Cikarang

Dalam sambutannya, Charles DW Simaremare menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas penghargaan ini.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh The La Tofi School of Social Responsibility serta seluruh dewan juri kepada FIFGROUP.

Penghargaan ini merupakan dorongan yang kuat bagi kami untuk terus berkomitmen dalam implementasi inisiatif keberlanjutan di seluruh aspek bisnis perusahaan,” ungkap Charles.

Lebih lanjut, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi FIFGROUP untuk terus meningkatkan kontribusinya dalam penerapan keberlanjutan, khususnya dalam mendukung agenda global seperti SDGs serta komitmen Astra terhadap sustainability.

Proses penilaian Rating ESG Nusantara 2024 dilakukan secara hybrid dan melibatkan sejumlah tokoh terkemuka, termasuk La Tofi sebagai Ketua Dewan Forensik, Prof. Ibnu Hamad sebagai Sekretaris Dewan Forensik sekaligus anggota dewan, serta beberapa ahli keberlanjutan dari La Tofi School of Social Responsibility. Penilaian ini dilaksanakan pada 14 Oktober 2024 lalu di kantor La Tofi School of Social Responsibility.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen FIFGROUP terhadap keberlanjutan dan menjadi langkah maju dalam perjalanan perusahaan menuju masa depan yang lebih hijau, inklusif, dan berkelanjutan.