OSMARU 2023 USAHID Undang Staf Khusus Presiden RI

AdvertisementAds

SUARATERKINI, Jakarta – Universitas Sahid gelar secara ofline OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) pada Rabu & Kamis, 30 – 31 Agustus 2023 di Universitas Sahid kampus Supomo. Salah satu pembicara dalam OSMARU adalah Staf Khusus Presiden RI – Angkie Yudistia penyandang disabilitas tunarungu yang aktif bergerak di sociopreneur dari kalangan milenial.

Angkie Yudistia memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan, berbicara tentang Pengembangan Wawasan dan Menciptakan Karakter yang Inklusif di hadapan 500 mahasiswa baru USAHID, yang di moderatori Yasser Arafat, SM., MM – pengajar praktisi bidang digital marketing Universitas Sahid.

Angkie Yudistia merupakan sosok muda inspiratif peraih penghargaan The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008, pendiri Thisable Enterprise dan penulis 3 buku laris berjudul Perempuan Tunarungu Menembus Batas, Setinggi Langit dan Become Rich as Sociopreneur.

Disampaikan Angkie, bahwa salah satu pilar pembangunan bangsa adalah dengan membangun sumber daya manusia sebaik-baiknya. Salah satu cara yang paling relevan saat ini untuk membentuk SDM yang berkualitas adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia digital melalui upaya percepatan transformasi digital.

BACA JUGA:  FKG Usakti Edukasi Dokter Gigi Terkait Komunikasi Efektif

Transformasi digital ini harus diiringi dengan peningkatan literasi digital agar internet dan arus informasi yang banyak beredar dapat dipergunakan untuk hal-hal yang edukatif dan produktif. Transformasi digital harus inklusif menjangkau semua pihak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari 270 juta penduduk Indonesia pada tahun 2020, generasi milenial dan generasi Z mendominasi lebih dari 50% penduduk Indonesia. Sehingga Potensi pengembangan wawasan dan karakter kedepannya harus relevan untuk menghadapi berbagai tantangan ekonomi, lingkungan, dan politik internasional.

Untuk itu, kemampuan digital, adaptif, dan kreativitas menjadi skillset kunci. Dan pada 2025, skillset yang dibutuhkan adalah gabungan antara kemampuan beradaptasi, kreativitas, berfikir secara kritis serta pemanfaatan teknologi,” jelasnya.

Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya – Prof. Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA.,BET, bahwa menjadi mahasiswa Universitas Sahid merupakan suatu kesempatan besar untuk membawa perubahan di masa depan. Mahasiswa akan belajar bekerjasama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran yang berguna bagi Masyarakat.

Mahasiswa harus bisa menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, yang merupakan tujuan pembelajaran di Universitas Sahid,” tegasnya.

BACA JUGA:  Universitas Darma Persada Luluskan 728 Para SDM Unggul

Sambutan hangat Rektor – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU didampingi para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas menyampaikan,” bahwa tema Cerdas dan Berdaya Saing, artinya mahasiswa harus berprestasi dengan inovasi dan kreatifitas yang bermanfaat bagi masyarakat, lulus tepat waktu serta berdaya saing yang berkarakter kebangsaan dengan berciri kepariwisataan dan kewirausahaan.

Rangkaian acara OSMARU diisi dengan pemakaian jaket almamater oleh Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya di damping Rektor kepada perwakilan mahasiswa baru dari 5 fakultas sebagai symbol mahasiswa baru secara resmi menjadi mahasiswa Universitas Sahid.

Dilanjutkan penyerahan daftar nama mahasiswa baru kepada Dekan masing-masing Fakultas dan Penyerahan secara simbolis Beasiswa KIP (kuliah merdeka), BPU (Beasiswa Prestasi Unggulan), YBJ (Yayasan Beasiswa Jakarta), dan Beasiswa Content Creator/ Influencer USAHID.

redaksi.suaraterkini@gmail.com