Kolaborasi Pendidikan dan Budaya Prancis, PNJ Teken MoU dengan IFI

AdvertisementAds

SUARATERKINI, – Menindaklanjuti pertemuan antara PNJ dengan IFI (Institut Français d’Indonésie), PNJ menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan IFI (Institute Francais d’Indonesie). Kerjasama tersebut terkait pendirian Pusat Prancis. Acara diadakan secara luring di Gedung Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta pada Jum’at 23 Juni 2023.

Penandatangan dilakukan oleh Dr. sc., H. Zainal Nur Arifin, Dipl. Ing. HTL., M.T selaku Direktur PNJ dan Dr. Stéphane DOVERT selaku Direktur Institut Français d’Indonésie. Dalam kesempatan ini dihadiri juga oleh Gema Akbar Pratama selaku Wakil Atase Kerja Sama IFI, Mathilde Croquet selaku Koordinator Kerja Sama Pendidikan IFI, dan Ryan Rinaldy selaku Koordinator Nasional Warung Prancis.

“Kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan ini antara lain Pendirian Pusat Prancis sebagai wujud itikad baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mampu membangun budaya luhur. Besar harapan kami dengan adanya kerjasama ini agar dapat mewujudkan visi PNJ yaitu sebagai politeknik unggul bertaraf internasional untuk medukung daya saing bangsa.” Tutur Bapak Zainal Nur Arifin dalam sambutannya.

BACA JUGA:  Bersama "AKBAR", FKG Usakti Lawan Covid-19

Dr. Stéphane DOVERT selaku Direktur Institut Français d’Indonésie dalam sambutannya mengungkapkan “Saya mengucapkan sambutan dengan bersemangat karena kerjasama ini merupakan hubungan strategis antara Prancis dan Indonesia, kita harus sama-sama mempersiapkan generasi-generasi baru untuk pemimpin bangsa dengan pendidikan adalah kunci. Kerjasama ini tidak terbatas ruang dan waktu kalau bisa selamanya.” Tutur Bapak Stéphane DOVERT.

Hal-hal yang disepakati terkait kerjasama antara PNJ dengan IFI yaitu melakukan pendirian Pusat Prancis di Politeknik Negeri Jakarta yang berlokasi di Gedung Perpustakaan PNJ sebagai informasi mengenai kesempatan studi lanjut dan persiapan keberangkatan bagi mahasiswa yang akan mengikuti program studi lanjut ke Prancis. Selain itu, Pusat Prancis ini diperuntukkan sebagai sarana guna memperkenalkan bahasa dan budaya Prancis bagi para mahasiswa, staf PNJ serta masyarakat luas. (Rep/Her)