Bagikan Dividen Rp312 M, MIND ID Melalui PT Timah Tbk Raup Laba Rp1,04 T pada 2022

AdvertisementAds

SUARATERKINI, Jakarta – BUMN holding industri pertambangan MIND ID melalui salah satu anggotanya, PT TIMAH Tbk (IDX: TINS), berhasil mencapai laba bersih sebesar Rp1,04 triliun. Para pemegang saham pun menadapakan pembagian dividen sebanyak 30 persen atau senilai Rp 312 miliar.

Pembagian dividen tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022, yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023. Kinerja TINS pada 2022 yang cukup baik menjadi salah satu hal disetujuinya keputusan ini.

“Laba yang didapatkan tersebut membuktikan TINS mampu merealisasikan kinerja keuangan dengan baik,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Seiring dengan penurunan 11% beban pokok pendapatan dan 6% beban usaha, TINS berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp12,50 triliun. Pada 2022, TINS berhasil memproduksi bijih dan logam timah.

Masing-masing produksinya mencapai 20.079 ton dan 19.825 metrik ton. Adapun penjualan logam pada 2022 mencapai 20.805 metrik ton.

Pada akhir 2022, posisi nilai aset perseroan sebesar Rp13,07 triliun, sedangkan posisi liabilitasnya sebesar Rp6,03 triliun. Angka tersebut turun 28 persen jika dibandingkan dengan posisi akhir pada 2021, yakni sebesar Rp8,38 triliun. Penyebabnya, berkurangnya pinjaman jangka pendek.

BACA JUGA:  Menteri BUMN Dorong Program Kesejahteraan Keluarga Pekerja di Banyuwangi

Atas kinerja tersebut, perseroan berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,04 triliun, melebihi target yang ditentukan.

Pencapaian lain anggota Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID ini yaitu dapat memberikan kontribusi kepada negara. Hal itu diwujudkan dalam bentuk pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1,52 triliun pada 2022.

Angka tersebut meningkat 96 persen jika dibandingkan pada 2021 yang mencapai Rp777,1 miliar. Peningkatan ini dipengaruhi oleh meningkatnya harga komoditas timah.

Adapun kontribusi pajak dan PNBP TINS selama empat tahun terakhir adalah sebesar Rp818,7 M (2018), Rp1,2 T (2019), Rp677,9 M (2020), Rp777,1 M (2021), dan Rp1,52 T (2022).

Secara Tingkat Kesehatan Perusahaan, PT Timah Tbk juga berhasil meraih poin tinggi, yakni 86,54 yang berarti termasuk predikat sehat (AA) atau poin lebih dari 80 sampai dengan 95.

Selain memberikan kontribusi kepada negara, TINS juga tetap secara konsisten melaksanakan program TJSL bagi masyarakat di wilayah operasionalnya untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

“Pencapaian TINS tentu tak terlepas dari kepercayaan para pemilik saham. Oleh sebab itu, TINS terus berupaya menjaga kepercayaan pemilik saham dengan melakukan langkah-langkah strategis,” ucap Heri.

BACA JUGA:  Berikan Apresiasi, Yanmar Gelar Program Undian dengan Hadiah Jutaan Rupiah

TINS secara konsisten melakukan efisiensi dan efektifitas di seluruh rantai bisnis, termasuk efisiensi biaya peleburan dengan mengoperasikan smelter baru berteknologi TSL Ausmelt Furnace. Manajemen selalu selektif dalam merespons dinamika pasar timah dunia mengungat harga yang fluktuatif.

Sementara, Sekretaris Perusahaan PT TIMAH Tbk, Abdullah Umar menilai pencapaian tersebut tak terlepas dari peran perseroan yang terus beradaptasi menghadapi bisnis pertimahan yang dinamis.

Selain itu, upaya efisiensi di seluruh rantai bisnis juga menjadi pendorong atas pencapaian ini. Hal lain yang mempengaruhi adalah penurunan interest bearing debt dan konsistennya peningkatan kinerja anak usaha segmen non pertimahan.

Saat ini, harga timah dunia cenderung fluktuatif. Namun, permintaan atas komoditas timah terus bertumbuh.

Hal ini disebabkan oleh pulihnya sektor ekonomi pasca pandemi yang ditandai dengan peningkatan konsumsi terhadap tin-related products berupa produk elektronik. Adapun rata-rata harga jual logam timah LME pada 2022 mencapai USD31.474 per metrik ton.

Harga tersebut turun 4 persen jika dibanding pada 2021, yakni sebesar USD32.619 per metrik ton, dengan level tertinggi pada USD43.917 dan di level terendah pada USD19.373.

BACA JUGA:  Puluhan BUMN, BUMD dan Swasta RaihPenghargaan Human Capital & Performance Award 2022

“TINS terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan profitabilitas, konsisten menjalankan efisiensi biaya dan efektifitas kerja, serta memperkuat fundamental perseroan berbasis teknologi dan kualitas SDM yang mumpuni di bidangnya,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut juga menyetujui perubahan pengurus di tubuh PT TIMAH Tbk. Perubahan dan penyesuaian pengurus ini sudah dipertimbangkan dengan matang.

_Berikut susunan pengurus PT TIMAH Tbk dalam RUPST:_

Direktur Utama: Ahmad Dani Virsa
Direktur Operasi dan Produksi: Nur Adi Kuncoro
Direktur Keuangan: Fina Eliani
Direktur SDM: Tigor Pangaribuan
Direktur Pengembangan Usaha: Koko Wigyantoro
Komisaris Utama: M. Alfan Baharudin
Komisaris Independen: Agus Rajani Panjaitan
Komisaris: Yudo Dwinanda Priaadi, Sufyan Syarif, dan Rustam Effendi. (Rep/Her)