Indonesia Siap Hadapi Macao Pada AVC Challenge Cup For Women 2023

AdvertisementAds

SUARATERKINI, Jakarta – Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Volley Confederation (AVC) Challenge Cup For Women 2023 yang akan berlangsung di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur pada 18 – 25 Juni 2023. Dalam event ini tim nasional voli putri Indonesia dan Macao, China akan mengawali kejuaraan ini.

AVC Challenge Cup For Women 2023 akan diikuti oleh 11 negara, diantaranya Indonesia sebagai tuan rumah, Macao, China dan Philippines yang berada di Pool A. Sedangkan di Pool B terdiri dari Hongkong, China, Chinese Taipei dan Islamic Republic of Iran. Lalu negara India dan Australia berada di Pool C serta tiga negara lainnya Uzbekistan, Mongolia dan Vietnam di Pool D.

Ketua umum Pengurus Pusat PBVSI, Komjen Pol. (P) Drs. Imam Sudjarwo, M.Si menjelaskan, timnas yang akan berlaga di Gresik ini sebagian besar merupakan tim yang dikirim di SEA Games Kamboja lalu.

“Mereka sudah masuk Pelatnas di Gresik, kejuaraan ini bagian dari kalender kegiatan dari Federasi Bola Voli Asia (AVC) dan kita ditunjuk menjadi tuan rumah,” ujarnya.

BACA JUGA:  China Open 2019, Anthony Buka Peluang Pertahankan Gelar

Imam Sudjarwo menyampaikan, ke-11 negara yang akan berlaga pada kejuaraan yang didukung Petrokimia Gresik, Pupuk Indonesia dan Emtek ini adalah tim yang tidak berlaga ada ajang volleyball Nations League (VNL). Awalnya peserta yang akan mengikuti kejuaraan ini sebanyak 12 negara.

“Satu negara yang mengundurkan diri, yakni Kazakhstan,” katanya.

Kejuaraan yang sama untuk putra akan berlangsung di Taipei 8 – 15 Juli 2023 mendatang diikuti 17 tim. Timnas putra berada satu grup dengan Bahrain dan Srilanka di Grup F. Juara dari Taipei ini nantinya akan mengikuti FIVB Challenge For Men Cup di Qatar, 27 – 30 Juli 2023.

Direktur Moji, Hendy Lim mengatakan,pihaknya selama ini sudah banyak memanjakan pecinta bola voli di Indonesia dengan pertandingan voli bergengsi seperti kompetisi Volleyball Turkish League, Italia Women’s Volleyball League, kejuaraan Dunia Antarklub Bola voli FIVB Proliga, Liga Voli Indonesia (Livoli) dan Volleyball Nations League yang hingga hari ini masih berjalan.

“Kehadiran AVC 2023 di Indonesia tentu menjadi momentum untuk fans voli mendukung Timnas Voli Indonesia, serta ajang untuk para atlet Timnas yang sudah menunjukkan kualitasnya pada SEA Games 2023 kemarin. Selain penayangan, Moji juga bertindak sebagai pihak yang memproduksi tayangan ini, termasuk untuk pemirsa di luar negeri,” ucapnya.

BACA JUGA:  Perpustakaan Pungkas Tri Baruno Kemenpora Gelar Bincang Literasi

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Vidio, Monika Rudijono mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk menjadi Official Video Streaming Platform dari AVC Challenge Cup For Women 2023, dimana kami dapat memberikan dukungan bagi para atlet tanah air dengan menyiarkan secara live seluruh rangkaian pertandingan yang dapat disaksikan kapan saja dan dimana saja.

“Dengan menyaksikan kejuaraan ini di Vidio, para penonton juga dapat memberikan dukungan secara langsung kepada para atlet yang tengah bertanding melalui fitur live chat yang telah kami sediakan,” ujarnya.

Junus Koswara selaku Direktur Utama Nex Parabola mengatakan, animo masyarakat terhadap olahraga bola voli sangat tinggi. Untuk memberi dukungan kepada timnas putri yang bertanding, pihaknya akan menyiarkan secara live.

“Nex Parabola akan menyiarkan seluruh pertandingan secara live di channel Moji HD Plus dan Champions TV 4 dengan cara membayar paket voli seharga Rp 39.000 / 30 hari dan free channel champions TV 3,” katanya.

Juara dari AVC Challenge Cup ini nantinya akan tampil di FIVB Challenger Cup 2023 yang merupakan kompetisi bola voli menuju VNL dan akan digelar pada 27 – 30 Juli 2023 di Laval, Perancis. (Rep/Her)