Masjid Indonesia Pertama di Yokohama Jepang Sebentar Lagi Terwujud

AdvertisementAds

suaraterkini.com,- Negara Jepang dengan penduduknya yang 99 persen non muslim dalam waktu dekat akan berdiri Masjid As-Sholihin yang terletak di Yokohama, hal ini berkat keterlibatan masyarakat muslim jepang dan keterlibatan rakyat Indonesia dalam berwaqaf dan membebaskan atau melunasi tanah untuk pembangunan masjid pada Desember 2023 lalu. Hal tersebut dikatakan Founder Cinta Quran Foundation Ustad Fatih Karim bersama Ari untung, pemuka agama Islam Jepang Sugimoto Sensei dan warga muslim Indonesia yang telah menetap 15 tahun di Jepang Arif Junaidi.

“Dengan rasa syukur yang mendalam, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan keterlibatan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan Masjid Indonesia pertama di Yokohama. Kami sangat bersyukur dapat mengumumkan bahwa pembayaran atas tanah untuk pembangunan masjid telah lunas per Desember 2023. Hingga saat ini untuk keperluan pembangunan, biaya pajak, perizinan dan lainnya, saldo yang terkumpul adalah 160 juta yen dari total kebutuhan dana 300 juta yen” ucap Ustad Fatih, di acara Amazing Muharram 13, di Jakarta, Ahad (14/7).

BACA JUGA:  Tim Pro Enduro Berhasil Raih Podium Kedua di Kancah Internasional

Ia menjelaskan, Perihal desain bangunan, standar keamanan dan keselamatan, serta pemilihan material, kami telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Jepang. InsyaaAllah, pembangunan akan dimulai pada akhir November 2024. Meskipun masjid masih dalam tahap pembangunan, dakwah dan kegiatan ibadah wajib sudah dan terus berjalan di area sewa dekat lokasi tanah wakaf, dikelola oleh Pengurus Masjid As-Sholihin Yokohama.

Menurutnya, Cinta Quran Foundation turut serta dalam dakwah kepada warga asli Jepang yang terbuka dan tertarik dengan agama Islam dengan mengenalkan nilai Al-Quran dan budaya muslim. Bekerja sama dengan Hajj Kyoichiro Sugimoto; Presiden Chiba Islamic Cultural Center, hingga hari ini, tidak kurang dari 3.000 eksemplar terjemahan Al-Quran dalam bahasa Jepang telah terdistribusi langsung kepada warga asli Jepang melalui berbagai metode dakwah. Jumlah tersebut habis terdistribusi dalam waktu kurang dari enam bulan. Kebutuhan akan Quran sangatlah besar karena menjadi sarana untuk menjelaskan dan mengenalkan Islam.

Dalam satu dekade terakhir, jumlah mualaf di Jepang meningkat pesat. Namun, jumlah masjid dan dakwah terkait nilai Alquran dan keislaman masih terbilang minim. Oleh karena itu, pembangunan Masjid As-Sholihin Yokohama – Masjid Indonesia pertama di Yokohama, dan distribusi Terjemahan Alquran Jepang, menjadi momen dan concern yang sangat diperhatikan oleh oleh Cinta Quran Foundation.

BACA JUGA:  Presiden RI Ajak Pemimpin ASEAN Nikmati Matahari Tenggelam di Labuan Bajo

Walaupun dana yang terkumpul belum mencukupi untuk pembangunan masjid, aktivitas syiar Quran di Jepang tetap berjalan. Sambil menanti masjid berdiri, kegiatan keislaman sudah berjalan secara reguler dengan layanan maksimal dari para marbot Masjid As-Sholihin Yokohama yang membuat para jamaah setempat dan luar kota Yokohama berbondong-bondong untuk belajar Islam.

Ustd Fatih melihat antusiasme terhadap Islam tidak hanya datang dari saudara Muslim kita di Jepang, tetapi juga menarik perhatian warga lokal Jepang. Bahkan, beberapa di antaranya mengucapkan kalimat syahadat saat momen Idul Adha. Cinta Quran Foundation, bersama Sugimoto Sensei, mendukung penyebaran Quran terjemahan Jepang yang diterjemahkan langsung oleh beliau, seorang mualaf dan guru bagi masyarakat di Jepang.

Kajian Islam kepada warga Jepang non-Muslim yang penasaran terhadap Islam juga diselenggarakan, dan kajian Quran kepada mualaf terus berjalan sepanjang pekan. Bayangkan jika dalam syiar Quran tersebut ada investasi wakaf kita. Dalam tiap batu bata bangunan masjidnya, tiap ayat Quran yang dibaca dan dikaji oleh mereka, dan tiap hati yang terhubung dengan Allah dari wakaf yang kita tanam di sana, hasilnya akan kita petik di dunia dan di akhirat kelak.

BACA JUGA:  Peduli Korban Banjir, Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Mineral

“Mari kita ambil andil besar menjadi jembatan kebaikan untuk saudara kita di Jepang. Bersama Arie Untung, Teuku Wisnu, Chaca Frederica, Lucky Resha, kita bangun masjid pertama Indonesia di Yokohama dan sebarkan wakaf Quran terjemahan Jepang hingga 100.000 eksemplar nantinya bisa tersebar di seluruh prefecture di Jepang. Mari jadi wasilah terhantarnya hidayah Quran di Jepang dan raih double pahala wakaf, yaitu wakaf masjid dan wakaf Quran”, Harap Ustad Fatih.

redaksisuaraterkini@gmail.com