Untitled Document

Rupiah Melemah, Peneliti LIPI : Indonesia Tidak Akan Terkena Krisis Moneter PERISTIWA

Rupiah Melemah, Peneliti LIPI : Indonesia Tidak Akan Terkena  Krisis Moneter


Suaraterkini.com - Pelemahan rupiah yang pada tahun ini (2018) terutama dua bulan terakhir ini sangat berbeda dengan pelemahan rupiah yang terjadi tahun 1998 yang menimbulkan krisis ekonomi kata Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lipi Dr. Agus Eko Nugroho.  

“Indonesia mengalami pengalaman dalam hal krisis ekonomi terutama kejadian tahun 1998, pelemahan rupiah yang menyentuh level lima belas ribu tidak akan berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia, asal pemeintah mampu menjaga stabilitas pangan, kosumsi masyrakat tetap meningkat dan paling penting layanan masyarakat seperti jaminan kesehatan Nasional (JKN) segera tertangani” tegasnya di hadapan mahasiswa dalam acara diskusi yang di gelar Komite Mahasiswa dan pemuda (KMP) Reformasi di Kafe Diskusi Coffee Jakarta (26/9).  

Diskusi yang bertemakan “Menjaga Rupiah Memperkuat NKRI” memberikan gambaran ekonomi Indonesia saat inidan masyarakat perlu mengetahui realita kondisi ekonomi keuangan Indonesia dan ekonomi Global, sehingga tidak mudah terprovokasi oleh propaganda entitas yang berseberangan dengan pemerintah, tambah Agus.

Dari diskusi ini Agus mengajak pemuda dan mahsiswa, pada pemilu kali ini untuk berfikir rasional dan tidak mudah terbawa arus elit politik yang mengaitkan pelemahan ekonomi Indonesia akan berdampak buruk terhadap masyarakat indonesia, harusnya generasi muda bersikap optimis, sebab pada tahun 2030, indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, pungkasnya.

Setelah diskusi KMP Reformasi bersama peserta melakukan deklarasi mendung program Ekonomi Pemerintahaan Jokowi. 



Berita Terkait