Untitled Document

Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapai Revolusi Industri 4.0 PERISTIWA

Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapai Revolusi Industri 4.0


Suaraterkini.com - Saat ini dunia sedang menghadapai revolusi industri 4.0, Perguruan Tinggi (PT) bersama pemerintah dan swasta dalam hal ini industri, harus membuat model Tri Dharma masa kini dengan membuat formulasi yang tepat dalam memanfaatkan teknologi, kata Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Prof. Dr. AsepSaefuddin, M.Sc.

“Kemenriset Dikti bersama Perguruan Tinggi dan Industri harus saling bersinergi dalam merumuskan kurikulum” jelasnya pada wisuda ke-19 tahun akademik 2017-2018 di Gedung BPPT, Jakarta.

Pada revolusi industri 4.0, lanjut Prof Asep Guru besar Statistik, kecepatan dan kekuatan digitalisasi semakin luar biasa kuat dan cepat, mereka yang kreatif dan fleksibel yang bisa berkompetisi di tingkat global.

Ia mencontohkan perguruan tinggi harus mulai memanfaatkan teknologi informasi (IT) untuk pendidikan dalam bentuk hybrid atau blended learning. 

Tentang UAI sendiri, Asep menyebut saat ini UAI sedang berada pada periode ekspansi digitalisasi yang bersinergi mulai dari dalam proses belajar mengajar, akademik hingga orang tua mahasiswa dapat dalam memantau putra-putrinya melalui aplikasi digital. 

Mind set dosen, mahasiswa, industri dan pola-pola birokrasi yang lama dan cenderung “rumit” harus di rubah, ini untuk mendukung kemajuan dalam bidang teknologi informasi Ujar Asep sesaat setelah mewisuda 185 Orang mahasiswa dari berbagai Prodi dan Program Magister Ilmu Hukum.

Berbagai program pengembangan pendidikan telah dilakukan UAI, dengan membangun ekosistem pendidikan tidak hanya mengajar  what to learn tetapi how to learn dengan pendekatan kreatif sehingga mahasiswa terus menerus dapat berinovasi dan berkompetisi di kancah Gobal, pungkasnya.

Sementara itu (Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia) Osamh Mohammed Abdullah Shuibi dalam orasi Ilmihanya tidak hanya memberikan gambaran tentang peluang dan tantangan kedepan, namun Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia memberikan Hadiah Naik Haji Gratis bagi mahasiswa UAI yang memperoleh predikat Cumlaude.



Berita Terkait