Untitled Document

Mahasiswa Teknik Pancasila Kembali Terjun Langsung Kepedesaan   PERISTIWA

Mahasiswa Teknik Pancasila Kembali Terjun Langsung  Kepedesaan  


Suaraterkini.com - Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (SEMA FT-KMUP) melaksanakan peresmian program kerja pengabdian masyarakat yang kedua kalinya  “Teknik Pancasila Bangun Desa JIlid 2” di Kampung Legok Muncang, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwiliang, Jawa barat pada tanggal 15 – 30 Juli 2018 lalu. 

Ketua SEMA FT-KMUP, Christian Anggriawan Kosasih mengatakan, Acara ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan oleh SEMA FT-KMUP yang melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

tujuh lembaga ikatan/himpunan serta partisipasi dari mahasiswa dari fakultas lain di universitas pancasila, pengabdian masyarakat merupakan implementasi Pancasila dan tri dharma perguruan tinggi khususnya pada poin ke 3, selain itu dengan cara ini kami bisa membantu meringankan beban masyarakat dengan cara mahasiswa terjun langsung ke masyarakat” jelasnya.

Acara Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 2 ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh SEMA FT-KMUP yang dipimpin Christian Anggriawan Kosasih. dengan tagline “Bersinergi Melangkah Nyata” yang harapannya dapat mewujudkan poin ke 3 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Pada Masyarakat, tambahnya. 

Pada Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 1 sebelumnya telah dilaksanakan di lokasi yang sama dengan pembangunan insfrastruktur berupa jalan 531m, penerangan jalan, MCK, renovasi masjid, gapura desa dan beberapa penyuluhan terhadap SDM desa tersebut. Adapun pelaksanaan Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 2 selama 2 minggu ini berfokus pada pembangunan insfrastruktur dan SDM setempat. 

Di Teknik Pancasila Bangun Desa Jilid 2 ini menambahkan program baru didalamnya yaitu Teknik Pancasila Mengajar yang berfokus pada pengajaran masyarakat dan anak – anak setempat. Dalam hal infrastruktur,hal yang dikerjakan antara lain, Renovasi Jembatan, Renovasi Jalan Lingkungan 264 m, Renovasi Mushola yang di tangani oleh arsitektur, Pembuatan Rumah Pintar, penerangan lampu jalan lingkungan dan juga pemberdayaan SDM nya yaitu penyuluhan untuk anak anak usia dini, penyuluhan kesehatan dan sosialisasi tentang UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) untuk masyarakat. Dalam acara ini SEMA FT-KMUP di support penuh oleh Universitas Pancasila, Fakultas Teknik UP, 7 Himpunan/Ikatan FT-KMUP

Warga Kampung Legok Muncang, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwiliang, Jawa barat  berterimakasih kepada universitas pancasila yang ikut gotong royong membangun jembatan yang rusak kata Yunah (45) warga Kampung Legok Muncang, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwiliang, Bogor, Jawa barat.

“Dulu dikampung ini jembatannya rusak padahal jembatan itu jalan satu satunya anak anak kalo mau ke sekolah, dulu di jembatan itu udah pernah ada 8 anak yang meninggal karena jembatannya hanyut kena arus sungai, alhamdulillah sekarang udah dibenerin sama anak anak mahasiswa teknik UP, sekarang jembatan sama jalan lingkungan udah bener” tuturnya.

Hal senada dikatakan ketua RT Legok Muncang, Sarpai (55), menurutnya peran mahasiswa teknik Universitas Pancasila dalam membangun jembatan yang rusak ini sangat membantu warga karena selama ini belum ada perhatian dari pihak lain

 “kalo dulu jembatannya dari bambu, setiap 3 bulan sekali gotong royong ganti jembatan karena cepat rapuh, jalanan kecil becek, anak sekolahan nenteng nenteng sepatu rok nya di gulung gulung, sekarang alhamdulillah terimakasih jembatan sudah di benerin jalanan sudah enak sekarang anak anak ke sekolah ga susah lagi. terimakasih anak anak mahasiswa teknik universitas pancasila” pungkasnya.



Berita Terkait

Wisuda UNAS Serukan Bangsa untuk Bersatu Pasca Pemilu

23 Apr 2019, 08:54

Universitas Nasional menggelar wisuda untuk seluruh jenjang pendidikan tinggi, di Jakarta Convention Center, pada Minggu (21/4) lalu. Wisuda periode I Tahun Akademik 2018/2019 kal iini berbeda dengan ...