Untitled Document

Mengenal Metode Art Therapy Dalam Kesehatan Mental PERISTIWA

Mengenal Metode Art Therapy Dalam Kesehatan Mental


Suaraterkini.com - Setiap permasalahan dapat  mempengaruhi kesehatan mental tidak hanya dalam situasi bencana. Di sekolah, rumah tangga, tempat kerja, lingkungan masyarakat juga dapat terjadi permasalahan yang menyebabkan terganggunya kesejahteraan psikologis individu.

Menurut Pakar Ilmu Psikologi, Ammy Mardhatillah., P.hD,  Gangguan kesejahteraan psikologis dapat menyerang siapa saja, baik masyarakat menengah atas atau bawah, untuk itu Tidak hanya terapi konseling yang dapat membantu masyarakat dalam meringankan beban mereka.

“Art therapy juga hadir untuk membantu masalah kesehatan mental masyarakat.Art Therapy merupakan salah satu teknik psikoterapi yang saat ini mulai banyak digunakan untuk membantu siapapun dalam mengatasi dan menghadapi masalah psikologis” kata Ammy Mardhatillah yang juga wakil dekan psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) kemarin.

Dalam membantu kesejahteraan psikologi masyarakat, Pusat Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Universitas Mercu Buana melakukan pengabdian di RPTRA Kelurahan Rawa Buaya Jakarta Barat dengan menggelar kegiatan Decoupage beberpa waku yang lalu yang dilakukan oleh terapi Firman firdaus, irfan dan Marina.

Menurut Firman yang juga salah satu dosen yang melakukan Decoupage, Art Therapy banyak digunakan, karena cenderung mudah untuk dilakukan, dan bisa digunakan untuk berbagai usia, mulai dari anak–anak, remaja, dewasa, hingga lansia pun bias melakukannya.

Selain itu, lanjut firman art therapy juga tidak membutuhkan kemampuan seni yang tinggi, seperti Menggambar dan melukis, Melipat kertas, Membuat patung atau bentuk dari tanah liat, metode Psikodrama / Terapi menggunakan drama, Musik dan menulis lagi Dan masih banyak lagi.

Tanggapan Masyarakat yang mengikuti kegiatan decoupage, mereka terlihat senang karena selain mendapatkan pengetahuan terkait art therapy dan juga skill baru mengenai decoupage, masyarakat bisa mempraktekannya untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar pungkas firman.



Berita Terkait

Skandinavia Tawarkan Progam khusus Hingga Maret 2019

24 Feb 2019, 19:59

Pengembang apartemen Skandinavia pada awal tahun 2019 meluncurkan program Seperti melalui program Lucky Tree, untuk 50 pembeli pertama selama bulan Februari 2019 hingga 05 Maret 2019 untuk menarik ...