Untitled Document

Rumah Zakat Targetkan Bina 1.234 Desa di Indonesia PERISTIWA

Rumah Zakat Targetkan Bina 1.234 Desa di Indonesia


Suaraterkini.com - Tahun 2018 Rumah Zakat menargetkan akan membina 1.234 Desa Berdaya di 34 provinsi diseluruh Indonesia. Untuk mencapai target tersebut, Rumah Zakat berupaya untuk mengalihkan perhatian dari kota ke desa dan melibatkan semua pihak, serta bersinergi dengan sumber daya mikro yang terdapat di desa.

“Menuju pembangunan Indonesia yang berbasis desa, tentu pemerintah tidak boleh ditinggal sendirian. Harus ada campur tangan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam membangun Indonesia ini,” ujar Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.

Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan Rumah Zakat dalam cakupan wilayah desa melalui pendekatan terintegrasi. Adapun program Desa Berdaya diantaranya, capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahan yang ada di desa.

Sementara itu, praktisi filantropi yang juga merupakan Staf Khusus Korkesra di DPR RI, Endy Kurniawan mengharapkan pembangunan desa bisa melesat untuk menjadi kontributor pertumbuhan ekonomi negara. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa untuk mencapai harapan tersebut perlu waktu, oleh sebab itu ia menyarankan perlu adanya kerjasama berbagai pihak dan keyakinan yang tinggi.



Berita Terkait