Untitled Document

Kalbe Luncurkan Kemasan Baru Obat Generik PERISTIWA

Kalbe Luncurkan Kemasan Baru Obat Generik


Suaraterkini.com - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu anak perusahaannya yaitu PT Hexpharm Jaya (HJ) yang fokus dalam memproduksi obat generik hari ini meluncurkan perubahan kemasan obat generik dengan kemasan berwarna dasar biru. bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang yang diikuti oleh sekitar 1.500 apoteker yang berasal dari seluruh Indonesia.

“Hexpharm Jaya berkomitmen untuk mensukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan kebijakan pemerintah dengan memproduksi obat generik berkualitas sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) terkini sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan produk generik yang terjangkau dan berkualitas sesuai dengan harapan masyarakatujar Mulia Lie, Direktur Utama PT Hexpharm Jaya. “Dengan pergantian warna kemasan menjadi biru, HJ menjadi perusahaan generik pertama yang melakukan perubahan standard warna pada kemasan produk generik, diharapkan pergantian warna kemasan ini memudahkan masyarakat untuk mengidentifikasi produk berkualitas yang dihasilkan oleh HJ,” lanjut Mulia Lie.


“Kami menyambut baik, inisiatif yang dilakukan oleh Hexpharm Jaya dalam mengganti warna kemasan obat generik yang diproduksinya,” ujar Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt. Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia. “Seperti kita ketahui kebutuhan masyarakat akan obat generik semakin meningkat, untuk itu produsen obat generik dituntut untuk memperhatikan mutu dan kualitasnya agar semakin dipercaya oleh masyarakat,” ujar Nurul Falah.

“Kebijakan  pemerintah  tentang  Jaminan  Kesehatan  Nasional  (JKN)  mendorong pertumbuhan obat generik yang sangat tinggi.  Walaupun obat generik memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan obat bermerek, produsen obat generik harus tetap memberikan kandungan, efektivitas, keamanan dan kualitas yang setara dengan obat bermerek. Untuk itu Hexpharm Jaya selalu mengikuti standar mutu yang sama mulai dari penelitian dan pengembangan produk, penyediaan bahan baku hingga proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas,” tambah Mulia Lie.

Perubahan warna desain kemasan biru ini sudah melalui proses registrasi dan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebelumnya desain kemasan obat generik diatur dengan aksen garis untuk zat aktif tertentu, sedangkan saat ini desain kemasan generik sudah tidak diatur lagi oleh pemerintah yang terpenting di kemasan tercantum logo generik. Beberapa produk yang mengalami perubahan kemasan secara bertahap diantaranya Asam Mefenamat, Glimepiridie 3 mg, Glimepiridie 2 mg, Atorvastatin 10 mg, Atorvastatin 20 mg, Cetirizine 5 mg, Clopidogrel, Losartan.



Berita Terkait