Untitled Document

SMA DWIWARNA Bogor Resmikan Rumah Hidroponik Menggunakan Panas Matahari PERISTIWA

SMA DWIWARNA Bogor Resmikan Rumah Hidroponik Menggunakan Panas Matahari


Suaraterkini.com - Dalam meningkatkan sarana dan prasarana belajar berbasis Green Energy, Sekolah Menengah Atas (SMA DWIWARNA) Boarding School membuat rumah hidroponik dan sistem Supply air tanam memakai listrik tenaga surya dan gaya grafitasi kata Kepala Sekolah SMA DWIWARNA Ir Nugrahantoro Yodo, MSc.

“SAM DWIWARNA telah memulai Green Energy sejak awal, bahkan sampai saat ini SMA DWIWARNA telah memiliki 150 panel solar tenaga surya, dimana panel surya tersebut telah menghemat listrik lebih dari 50 persen penggunaan listrik PLN” jelasnya.

Rumah hidroponik dan sistem Supply air tanam memakai listrik tenaga surya dan gaya Grafitasi, lanjut Ir Toro (Panggilan Akrab Nugrahantoro) merupakan kelanjutan dari Green Energy yang terus di kembangkan di SMA DWIWARNA.

Selain menghemat pemakaian tenaga listrik dari PLN, kedepannya SMA DWIWARNA ingin memanfaatkan tenaga surya tidak hanya untuk lampu, AC, Pompa Air dan keperluan lainnya.

Untuk itu Toro Lulusan ITB berharap pemerintah dapat mengurangi beban pajak import panel solar surya supaya harganya murah, sehingga setiap sekolah dapat menggunakan tenaga surya untuk mengurangi pengunakan energi listrik dari PLN.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah DWIWARNA Retno Anggarini, peresmian Rumah hidroponik dan sistem Supply air tanam memakai listrik tenaga surya dan gaya Grafitasi dapat menunjang proses belajar siswa terutama untuk mata pelajaran Biologi, fisika maupun kimia.

“Dengan presmian rumah Hidroponik dengan tenaga surya ini, kita berharap setiap sisiwa mampu menanam, mengembangkan sayuran yang segar, tahan lama, dengan harga yang murah sehingga swasembada pangan dapat terpenuhi” harapnya

Sebagai tambahan SMA DWIWARNA telah berdiri sejak tahun 1998, menjadi salah satu sekolah rujukan di Provinisi jawa Barat, sampai saat ini konsisten dalam meningkatkan dan membentuk calon pemimpin Indonesia yang memiliki kemandirian serta kompetensi yang dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

 

 



Berita Terkait

Sharp Indonesia Bangun Rumah Senyum di Lombok

20 Sep 2018, 10:10

‘Bakti Untuk Negeri: Lombok Bangkit’ merupakan rangkaian program Corporate Social Responsibility SHARP Indonesia yang telah diusung sepekan sejak diturunkannya berita mengenai gempa ...