Untitled Document

Rumah Zakat Resmikan Kampung Batik Kembangmulyo di Jepara PERISTIWA

Rumah Zakat Resmikan Kampung Batik Kembangmulyo di Jepara


Suaraterkini.com - Rumah Zakat meresmikan Kampung Batik Kembangmulyo dan Rumah Kreatif Batik di Balai Desa Mulyoharjo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Rabu (27/3). Dengan peresmian tersebut, diharapkan Desa Mulyoharjo bisa menjadi lokasi sentra batik di Jawa Tengah. 

Kami memanfaatkan potensi warga Desa Mulyoharjo yang mempunyai kreativitas untuk membuat batik. Saat ini sudah ada 20 orang yang tergabung di Kelompok Batik Kembangmulyo, dengan adanya kelompok ini semoga bisa meningkatkan perekonomian warga,” jelas Bowo Sulistyono, Fasilitator Rumah Zakat. 

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Jepara, Ratib Zaini. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Dinas Koperasi, UMKM, Tenagakerja dan Transmigrasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Dinas Komunikasi dan Informasi, Pegiat Pelestari Ukir, Pegiat Batik dan Tenun, Kepala Daerah setempat, dan warga. 

Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah melakukan pendampingan kepada anggota Batik Kembangmulyo dan Rumah Kreatif Batik. Dengan adanya kelompok ini diharapkan bisa mengangkat ekonomi masyarakat dan bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan,” ujar Ratib Zaini. 

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga 50 siswa SD yang diajak belajar membatik oleh anggota Kelompok Batik Kembangmulyo. Anak-anak terlihat antusias mengikuti proses membatik, hal tersebut bisa terlihat dari hasil karya batik yang mereka buat.



Berita Terkait