Untitled Document

Kanada Bantu Kembangkan UMKM di Indonesia Timur PERISTIWA

Kanada Bantu Kembangkan UMKM di Indonesia Timur


Suaraterkini.com - Untuk menciptakan dan menumbuhkan industri dalam negeri maka  diperlukan dorongan dan kemudahan dalam membuka usaha, sebab kendala perizinan sering menjadi alasan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya kata Direktur Daerah Teringgal, Transmigrasi, dan Perdesaan Bappenas sesaat setelah Seminar Nasional “Pembelajaran dan Praktik Baik Tantangan-tantangan Perizinan Usaha” yang diselenggarakan oleh National Support for Local Investment Climate/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) di Jakarta baru-baru ini.

"Kami bekerja sama dengan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) mengadakan kajian terhadap perizinan yang ada. Memang perlu ada perbaikan, tidak hanya perizinan dasar seperti lokasi dan sebagainya, tapi juga izin operasional, izin edar, izin ekspor dan impor," jelas  Sumedi. 

Bersama Pemerintah Kanada, lanjut dia, Bappenas tengah mengerjakan proyek terhadap dua provinsi di Pulau Sulawesi. Kerja sama itu bertujuan mengembangkan ekonomi lokal dan meningkatkan investasi di sana. "Kerja sama bukan dalam bentuk dana, tapi lebih ke teknikal," ujarnya.

Sementara itu Direktur Proyek NSLIC/NSELRED, Rino A. Sa’danoer. Mengatakan Selain membahas pembelajaran dan praktik baik dalam reformasi Ease of Doing Business dan menghasilkan rekomendasi, termasuk apa yang dapat difasilitasi NSLIC/NSELRED.
Dengan Seminar ini, Rino berharap dapat memberikan ada masukan dari sektor swasta, terutama menyangkut kendala perizinan. Sehingga berkontribusi memperkaya upaya pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif, harapnya.



Berita Terkait