Untitled Document

Teater 2 Jaman Alternatif Literasi Media pada Usia Dini PERISTIWA

Teater 2 Jaman Alternatif Literasi Media pada Usia Dini


Suaraterkini.com - Perkembangan teknologi khususnya di dunia  tidak serta Merta membuat penggunanya menjadi melek media. Karena itulah literasi media masih menjadi kebutuhan yang mendasar, agar penggunaan dan fungsi media sesuai dengan peruntukannya.  Banyak cara dilakukan untuk melakukan literasi media, tergantung dari subyek yang menjadi sasaran literasi. 

Seminar dan edukasi masih menjadi pilihan favorit,mengingat kedua cara ini dianggap sebagai teknik literasi media yang bisa menjangkau banyak khalayak dalam satu waktu. Literasi media sejatinya tidak hanya menyasar usia tertentu saja,namun literasi sudah dilakukan pada anak usia dini.

Merasa terpanggil untuk melakukan literasi dengan format yang berbeda, mahasiswa Paramadina yang digawangi oleh Aria Kartika, Amilia Gunawan dan Citra Merdekawati, menggunakan theater 2 jaman. 

Konsep literasi berupa penampilan teater dengan menggunakan alat peraga ini ditujukan untuk anak usia taman kanak-kanak. Di sini anak akan menyaksikan sebuah teater yang diperankan oleh seorang pendongeng yang bercerita tentang pemahaman sederhana media, seperti penggunaan software tiktok, smule dll beserta dampak, yang disampaikan dengan bahasa anak.

Menurut Dosen Pengampu mata kuliah Media Literasi, Sri Wahyuning Astuti, M.Ikom, Kreatifitas mahasiswa dalam membuat bentuk literasi media, sebagai bagian dari kepedulian terhadap efek media terhadap anak usia dini. Anak yang menjadi khalayak pasif dalam menikmati media, harus mendapatkan pemahaman sejak dini agar konsumsi media yang mereka gunakan lebih terarah.

Untuk kedepannya, kandidat doktor ilmu komunikasi UNPAD ini berharap, konsep ini bisa diadaptasi oleh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. 
 



Berita Terkait

Survei: Ini Sarapan Sehat Masyarakat Indonesia

11 May 2019, 16:30

Herbalife Nutrition, merilis sejumlah temuan dari survei bertajuk “Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik 2019 (The Asia Pacific Healthy Breakfast Survey 2019)”. Survei yang dilakukan pada ...