Untitled Document

Daya Saing SDM Perusahaan Pengendalian Hama Perlu Ditingkatkan PERISTIWA

Daya Saing SDM Perusahaan Pengendalian Hama Perlu Ditingkatkan


Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) mendorong anggotanya untuk meningkatkan profesionalisme dan daya saing.

Ketua Umum ASPPHAMI, Boyke Arie Pahlevi mengatakan daya saing tidak hanya kualitas produk tapi juga  sumber daya manusia  (SDM) menyusul tren industri 4.0 di semua sektor usaha.

“Kita harus mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada dalam siklus bisnis, bukan hanya dilihat dari sisi industri tapi juga kualitas SDM di tengah-tengah tren automisasi,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, penerapan teknologi baru begitu gencar dan berlangsung cepat. Pihaknya berharap SDM industri pengendalian hama dapat melakukan penyesuaian, dengan cepat melakukan adaptasi dan memiliki kemampuan untuk penerapan teknologi baru.  

Boyke mengatakan, di era digital industri pengendalian hama diharapkan dapat mengadopsi teknologi yang berkembang. “Sistem operasional bisnis akan berubah, dari yang tadinya konvensional menjadi modern, dari yang tadinya dengan aktivitas promosi atau marketing biasa menjadi daring dan digital, hingga pada pelayanan konsumennya. Kami mulai menjajaki keterlibatan ICT untuk sektor industri ini” ungkap Boyke.

Tidak hanya itu, tambah dia, SDM pengendalian hama harus memahami benar material kimia dan pengoperasian alat-alat tertentu dalam proses pemberantasan hama di lapangan.

“Kualitas SDM harus lebih ditingkatkan. Perusahaan jasa pengendalian hama juga harus meningkatkan daya saing dan lebih profesional lagi,” pungkas Boyke.

Suaraterkini.com -


Berita Terkait