Untitled Document

Lulusan UEU Bersaing di Era Digital Disruption PENDIDIKAN

Lulusan UEU Bersaing di Era Digital Disruption


Suaraterkini.com - Universitas Esa Unggul (UEU) menggelar wisuda untuk tahun ajaran 2018/2019 yang dilaksanakan di Hotel Pullman, Jakarta Barat. Dalam wisuda ke-25  ini, dihadiri oleh jajaran dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia. Sebanyak 1097 mahasiswa/i dari jenjang S2, S1, D4, D3 & Profesi dikukuhkan menjadi alumni Universitas Esa Unggul dalam wisuda tersebut.

Pada Wisuda kali ini, pembicara Orasi Ilmiah ialah Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Ir. R.M. Adi Darmawan, M.Eng.Sc.

Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma, M.B.A membuka prosesi Wisuda dengan memberikan sambutan kepada wisudawan dan wisudawati. Dalam sambutannya, Arief mengingatkan kepada para wisudawan, persaingan era Globalisasi telah memasuki revolusi Industri 4.0. Dalam hal ini kebutuhan industri banyak dipengaruhi oleh teknologi khusunya digitalisasi.

"Revolusi Industri 4.0 saat ini mungkin membuat banyak hal berubah, salah satunya ialah kebutuhan Industri. Banyak pekerjaan yang dulunya dibutuhkan namun akibat digital Disruption ini banyak pekerjaan yang hilang, saat ini kalian  bukan hanya bersaing dengan manusia saja namun dengan Artificial Intelegence yakni robot," terang Arief di Hotel Pullman, Jakarta Barat beberapa waktu yang lalu.

Untuk itu, Arief melanjutkan perlu adanya kesiapan dari para wisudwan saat mereka terjun langsung di dunia Industri salah satunya membekali diri dengan sejumlah keahlian dan keterampilan yang relevan dengan dunia Indutri. Di Esa Unggul sendiri, sejumlah seminar dan workshop disediakan sebagai bekal para mahasiswa untuk menghadapi tantangan Era revolusi Industri Digital.

"Tentunya sebelum lulus para Wisudawan Esa Unggul telah meng-update skill mereka lewat sejumlah seminar dan workshop yang disediakan oleh kampus, bahkan mereka pun diwajibkan untuk memiliki sertifikat keahlian yang  tentunya berkaitan erat dengan kebutuhan indutri saat ini," papar Arief.

Sementara itu, Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Ir. R.M. Adi Darmawan, M.Eng.Sc. mengharapkan para lulusan Esa Unggul  mampu terjun ke masyarakat sebagai agen problem solving dengan menerapkan lima hal dalam diri yakni Adaptif, Kreatif, Inovatif, Integritas dan New Set Minded.

"Saya harapkan kalian menjadi lulusan yang Adaptif, Kreatif, Inovatif, Integritas dan New Set Minded. karena lima hal tersebut dapat mengembangkan diri kalian menjadi sesorang yang bermanfaat dimasyarakat bukan hanya dicari Industri karena keahlian namun karena memiliki ide-ide kretif yang mampu memcahkan permasalahan," tutupnya.

Selain dihadiri oleh Dirjen Keagrarian, wisuda ini dihadiri oleh Kopertis wilayah III Budhy Hery Pancasilawan, SH., MM, Dewi Motik Pramono, sejumlah perwakilan mitra universitas luar negeri dan tamu undangan dari sejumlah lembaga pemerintahan.



Berita Terkait

Prestasi Tidak Melulu Dilihat Dari Angka

07 May 2019, 14:02

Ujian akhir, menjadi tanda berakhirnya perjuangan seorang siswa di sekolah tempat mereka menimba ilmu. Momen ini biasanya diikuti dengan acara pelepasan, wisuda atau istilah lain yang lazim mereka ...