Untitled Document

YARSI Bersama UTHM Gelar Konferensi Internasional Obat Herbal PENDIDIKAN

YARSI Bersama UTHM Gelar Konferensi Internasional Obat Herbal


Suaraterkini.com - Universitas YARSI bekerjasama dengan Univesiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) menyelenggarakan “The 2nd International Conference of Herbal Medicine” yang bertepatan dengan “The 2nd International Conference on Herbal Science, Technology and Medicine 2018”.

Dirjen Dikti, Prof Ali Gufron Mukti.mengatakan produk obat tradisional (herbal) yang mengalami kenaikan sebesar 8,01 persen (BPS, 2017). Data riil Indonesia memiliki 1.436 industri obat tradisional.

“Namun obat herbal belum direkomendasikan karena masih dalam tahap pengujian, dengan konferensi internasional herbal ini, diharapkan akan memberikan masukan terhadap pemerintah sehingga direkomendasikan kementrian kesehatan atau dokter dan di tanggung BPJS kesehatan” tuturnya.

Konferesi dengan bertema “Mainstreaming Herbal Science, Technology and Medicine in The World” bertujuan bagaimana membuat obat herbal menjadi hal yang biasa (mainstream) dan juga sebagai pilihan pertama dalam dunia kesehatan, kata ketua Panitia Seminar Internasional Dr. Juniarti, SSi, MSi.

“Konferensi ini akan difokuskan pada publikasi hasil penelitian terbaru serta prediksi riset yang akan datang terkait bidang penelitian herbal yang mengambil tema etnofarmakologi, kimia, khasiat, quality control, keamanan, teknologi dan pengembangan produk serta inovasi produk herbal yang berbasis penelitian” jelasnya.

Dengan konferensi ini diharapkan dapat menghasilkan publikasi di jurnal internasional bereputasi dan menghimpun berbagai penelitian herbal yang bermanfaat bagi kalangan akademisi, businessment dan government dan menunjang dihasilkannya produk herbal yang memenuhi trilogi Quality, Safety dan Efficacy, pungkas Dr Juniarti
 



Berita Terkait