Untitled Document

UNAS Ekspose Hasil Penelitian Orangutan Selama 15 Tahun PENDIDIKAN

UNAS Ekspose Hasil Penelitian Orangutan Selama 15 Tahun


Suaraterkini.com - Fakultas Biologi Universitas Nasional (UNAS) dalam meningkatkan taraf keanekaragaman hayati. Melalui Stasiun Penelitian Tuanan yang sudah 15 tahun berdiri, Fakultas Biologi UNAS telah banyak menghasilkan penelitian sebagai dasar pengelolaan konservasi orangutan dan habitatnya.

Direktur Pusat Riset Primata (PRP) UNAS, Sri Suci Utami Atmoko mengatakan bahwa selain kegiatan penelitian, juga terdapat kegiatan pendidikan lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar, khususnya kepada pelajar terhadap lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati disekitarnya. 

“Kegiatan penelitian jangka panjang harus dan tetap perlu dilakukan dalam waktu yang terus menerus untuk mendapatkan hasil dan informasi yang lebih baik dan akurat. Fakultas Biologi UNAS bersama dengan seluruh pihak terkait akan terus melakukan dan melanjutkan upaya penelitian dan perlindungan orangutan secara bersama-sama guna meningkatkan kepedulian dan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar Kawasan Stasiun Penelitian Orangutan Tuanan,” imbuhnya dalam seminar Perayaan Simposium 15 Tahun Kerjasama Riset Orangutan di Stasiun Penelitian Tuanan, yang diselenggarakan oleh PRP Fakultas Biologi UNAS.    

Suci menambahkan, hutan Tuanan merupakan habitat dengan populasi orangutan terbesar ketiga diseluruh wilayah Kalimantan. Hal ini menunjukkan bahwa Tuanan merupakan kawasan yang sangat penting untuk perlindungan biodiversitas dan hutan rawa gambut. Selain itu, melalui keberadaan kegiatan penelitian jangka panjang di Tuanan, telah terekam bagaimana reforestasi alami terjadi di hutan rawa gambut dan bagaimana orangutan berperan dalam peningkatan kualitas habitat tersebut.



Berita Terkait

UAI Siap Menyelenggarakan Perkuliahan 4.0 

03 Feb 2019, 22:45

Kemajuan teknologi informasi harusnya tidak menghambat minat masyarakat untuk mencari ilmu terutama yang terlanjur sibuk bekerja atau tinggal di daerah namun ingin melanjutkan ke perguruan tinggi ...