Untitled Document

Universitas Budi Luhur Lepas 541 Mahasiswa Ikut Program KKN PENDIDIKAN

Universitas Budi Luhur Lepas 541 Mahasiswa Ikut Program KKN


Suaraterkini.com - Universitas Budi Luhur (UBL) dipercaya pemerintah DKI Jakarta menggandeng sejumlah Peruguruan Tinggi Swasta di wilayah Kopertis III untuk ikut menggelar program “Citarum Harum”. 

Berlangsung dengan  hikmat dilapangan basket Universitas Budi Luhur, Selasa (17/7/2018) Universitas Budi Luhur Lepas 541 Mahasiswa yang tergabung Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum.

Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Didik Sulistyanto menyebutkan,” pihaknya, dipercaya sebagai inisiator dari sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Jakarta yang tergabung dalam KKN Citarum Harum.

Ada 29 Perguruan Tinggi Swasta yang menghadiri pelepasan 541 mahasiswa yang akan tergabung menjalani KKN di 46 kelurahan dan 9 desa di wilayah Jabodetabek dan Jawa,” kata Rektor usai acara kepada wartawan.

Kami akan memfokuskan peserta KKN kepada sektor 19 yakni Karawang, Jawa Barat. Dari 541 mahasiswa UBL yang ikut KKN kali ini, 60 di antaranya akan ikut bergabung pada KKN bersama peruruan tinggi swasta lainnya untuk mengikuti program Citarum Harum. 19 Juli nanti. Mereka akan melakukan pemberdayaan masyarakat dan memotivasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.”

Ia menambahkan, KKN itu berbeda dengan magang dan Kuliah kerja Lapangan (KKL). KKN merupakan kegiatan multi disiplin yang  wajib diikuti semua fakultas semua prodi di lingkungan kampus. Durasinya 1,5 bulan. Setengah bulannya adalah  pembekalan dengan teori dan satu bulannya adalah praktek di lapangan dan  memasukan ini dalam beban 3 SKS.

Sementara itu, Kopertis Wilayah III sangat mengapresiasi atas terlaksananya pelepasan KKN 2018 yang diselenggarakan Universitas Budi Luhur . pihaknya bergegas dan bersemangat untuk memberikan KKN kepada setiap mahasiswa. Hal itu diungkapkan Kopertis Wilayah II DR. Ilah Sailah usai acara.

Dia mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri No. 44 Tahun 2015 tentang Standart Nasional Pendidikan Tinggi disitu dinyatakan bahwa mahasiswa  S1, D4, Profesi  dan Spesialis diwajibkan untuk menyertakan pengabdian  kepada masyarakat di dalam pendidikan. Jadi satu proses pendidikan itu harus  berbentuk pengabdian kepada masyarakat. 

“Dengan demikian kami mengapresiasi  dan menunjuk universitas Budi Luhur menjadi vokal point  (kordimator pelaksana) KKN Tahun ini dengan tema Citarum Harum,” pungkasnya.
 



Berita Terkait

Usakti Perkuat Peran Humas di era 4.0

17 Apr 2019, 16:51

Revolusi Industri 4.0 telah merubah berbagai lini, untuk itu hubungan masyrakat (Humas) Universitas Trisakti terus bertransformasi dalah satunya memperkuat dan mensinergikan peran humas di kampus hal ...