Untitled Document

Dosen FIKOM UBL Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Komunikasi PENDIDIKAN

Dosen FIKOM UBL Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Komunikasi


Suaraterkini.com - Universitas Budi Luhur memberikan penghargaan kepada Dosen FIKOM dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Universitas Budi Luhur, Nawiroh Vera. M.Si. Dalam sidang terbuka atau promosi doktor, awal Mei 2018 lalu, di Ruang Sidang Terbuka Gedung Pascasarjana Universitas Padjadjaran di Kampus UNPAD Dipati Ukur. 

Dengan judul, Komunikasi Perempuan Etnik Arab Terkait Tradisi Pernasaban Dalam Perspektif Feminisme Islami (Kajian Etnografi Kritis tentang Perkawinan Se-kufu dikalangan Perempuan Arab di Kota Solo). Nawiroh berhasil mempertahankan disertasinya dalam Sidang Ujian Promosi mencapai gelar Doktor Bidang Ilmu Komunikasi. 

Dihadapan tim promotor, opponent ahli dan representasi guru besar Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD , Nawiroh Vera yang merupakan alumni dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur dalam paparan Disertasinya menjelaskan tentang kehidupan etnik Arab Indonesia khususnya yang berada di kota Solo. 

Penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang identitas perempuan Arab dan posisi sosial perempuan serta tindakan komunikasinya terkait tradisi nasab dan perkawinan Se-kufu.

Dengan menggunakan teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu, habitus, doxa, dan symbolic violence serta teori identitas komunikasi dari Michael Hecht. Temuan penelitian ini yaitu, identitas perempuan Arab dibentuk secara historis oleh budaya patriarki etnik Arab dari daerah asalnya yaitu Yaman. 

Penelitian tersebut menemukan posisi perempuan Arab Solo sebagai kelompok subordinat yang secara sosial termarjinalkan diakibatkan karena sempitnya ruang gerak perempuan. 

Selain itu, perempuan dianggap sebagai kelompok yang tidak mempunyai pengetahuan lebih luas menyangkut tradisi nasab dan kafaah dalam perkawinan. Konsep feminisme dan humanisme Islami diperkenalkan guna mengubah pandangan etnik Arab yang masih menjalani  habitus etnisitas.



Berita Terkait