Untitled Document

USAHID Jakarta Gelar Seminar Sosialisasi Keamanan MSG PENDIDIKAN

USAHID Jakarta Gelar Seminar Sosialisasi Keamanan MSG


Suaraterkini.com - Monosodium Glutamat atau MSG sudah begitu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedap rasa yang memberikan kelezatan pada masakan atau olahan pangan lainnya. Namun demikian di sebagian masyarakat masih menganggap bahwa Monosodium Glutamat atau MSG berbahaya dan cenderung harus dihindari. Isu-isu yang beredar saat ini bahwa Monosodium Glutamat atau MSG dapat menyebabkan penurunan kinerja otak (kebodohan), kanker, asma, obesitas dsb.

Guna menjawab isu-isu tersebut, Universitas Sahid Jakarta bekerjasama dengan Pergizi Pangan Indonesia, Linisehat.com, dan PT Ajinomoto Indonesia menyelenggarakan “Seminar dan Demo Masak Mutu dan Keamanan Pangan serta FaktaI lmiah MSG”,  di Auditorium Universitas Sahid Jakarta, Selasa 8 Mei 2018. 

Hadir sebagai Pembicara pakar Gizi dan Pangan Indonesia Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS (Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia sekaligus Rektor Universitas Sahid Jakarta) dengan mengangkat topik “Gastronomi dan Fakta Ilmiah MSG”, dan Ir. Tetty H. Sihombing, MP (Direktur Pangan Resiko Tinggi dan Teknologi Baru Badan POM RI) dengan mengangkat topik “Hoaks Pangan, Tanda Pangan Tidak Aman dan Pencegahannya”, serta Demo Masak “Snek Tradisional yang Enak dan Bergizi” oleh Chef Adam.

Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia sekaligus Rektor Universitas Sahid Jakarta menyampaikan,” pendapat yang mengatakan bahwa MSG itu berbahaya hanya opini seseorang tidak berdasarkan fakta ilmiah. Ternyata MSG atau vetsin aman untuk digunakan atau dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. 

Menurutnya, baik keputusan Menteri  Kesehatan tentang  BTP tahun 12 serta badan-badan kesehatan dunia saat ini seperti JEFCA (FAO+WHO khusus bahan pangan), sudah mereview ratusan kajian bahwa MSG itu aman untuk dikonsumsi sebagai penggugah makanan,” tegasnya.

Namun ada segelintir orang sensitif alergi tingkat ringan, seperti ada orang makan telur terus bisulan. Kalaupun ada keluhan segera setelah makan msg, ya disarakan tidak mengkosumsinya,” paparnya.

Sedangkan tujuan penyelenggaraan Seminar dan Demo Masak, secara umum tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan gizi peserta tentang keamanan pangan sehat dan enak serta meningkatkan pengetahuan gizi peserta tentang pesan-pesan keamanan glutamate dan pesan-pesan gerakan masyarakat hidup sehat. Selain itu, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta melalui demo membuat cemilan enak, aman, dan sehat.
 



Berita Terkait