Untitled Document

Campus Talk : Masuknya Perguruan Asing Ke Indonesia Tidak Pengaruhi PTN dan PTS PENDIDIKAN

Campus Talk : Masuknya Perguruan Asing Ke Indonesia Tidak Pengaruhi PTN dan PTS


Suaraterkini.com - Kebijakan Pemerintah membuka pintu lebar masuknya perguruan tinggi asing (PTA) menimbulkan pro kontra di kalangan akdemisi. Itu terjadi karena tujuan pemerintah membuka cabang PTA belum terdefinisi detail. Hal tersebut dikatakan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (Dekan FEMA IPB).

Apabila PTA ingin membuka kampus di Indonesia, maka pemerintah harus membuat aturan yang sama seperti porsi untuk mahasiswa tidak mampu 20 persen, adanya mata kuliah kewarganegaraan atau pancasila, agama dan sebagainya, sebagaimana PTN maupn PTS yang ada di indonesia, tambah Prof Ujang pada acara Campus Talk yang di gagas Humas dan kesekretariatan Universitas Mercu Buana (UMB) Meruya, Jakarta Barat baru-baru ini.

Hal senada dikatakan Rektor UMB Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho MM, IPU menurutnya hadirnya perguruan tinggi asing akan memicu perguruan tinggi di Indonesia khususnya swasta dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta sarana dan prasarana pembelajarannya.

“Selama ini kampus-kampus yang ada di Indonesia ingin menjadi World Class University (WCU), masuknya PTA menjadi kesempatan kampus PTN dan PTS untuk meningkatkan kualitasnya, asalkan pemerintah memberikan aturan yang jelas, minimal sama dengan PTN atau PTS serta tidak berubah-ubah dalam kebijakan, maka kami siap bersaing” tegasnya.

Untuk dapat bersaing dan menjadi WCU yang tidak kalah paling penting bagaimana dosen dan mahasiswa memiliki karakter WCU, sebab itulah kunci utama meningkatkan kualitas SDM Indonesia, ungkap pengalaman Dr. Arissetyanto Nugroho saat sekolah di luar negeri.

Tidak hanya itu saja perguruan tinggi asing bersifat melengkapi perguruan tinggi yang sudah ada. Artinya tidak membuka program studi yang sudah ada pada perguruan tinggi nasional.Lebih baik perguruan tinggi asing itu membukan program studi yang berbeda dan khas. Dari sanalah kita akan memiliki perguruan tinggi asing yang memiliki cita rasa Indonesia, harapnya.

 

 



Berita Terkait

Penyerapan Dana Desa Lemah, Ini Usulan Guru Besar UP

19 Jul 2019, 20:11

Dana desa yang tengah digelontorkan pemerintah, idealnya membuat desa lebih maju, meningkat ekonominya dan kehidupannya, namun penyerapannya belum maksimal bahkan di Pulau Jawa 45 persen belum ...