Untitled Document

UMJ Tuan Rumah RAKORNAS dan Konferensi Nasional ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana PTMA PENDIDIKAN

UMJ Tuan Rumah RAKORNAS dan Konferensi Nasional ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana PTMA


Suaraterkini.com - Tantangan kedepan Perguruan tinggi semakin berat, apalagi setelah kesepakatan Negara-negara Asia Tenggara dengan membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau sering disebut dengan istilah  ASEAN Economic Community (AEC) yang salah satunya adanya pasar bebas tenaga kerja, Kompetisi tenaga kerja akan semakin ketat, maka menuntut lembaga pendidikan Muhammadiyah harus berhasil melahirkan SDM yang berkualitas yang diproses melalui proses pendidikan yang berkualitas. 

Hal tersebut di ungkapkan Ketua Majlis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad, MSc., PhD sesaat sebelum membuka Konferensi Nasional ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah/'Aisyiyah (PTMA)  dengan tema  “Orientasi Program Pascasarjana PTM: Memperkuat Tradisi Riset dan Publikasi" merupakan jawaban dari tantangan pendidikan untuk meningkatkan kualitas akademik.

“Lembaga pendidikan Muhammadiyah harus berhasil melahirkan SDM yang berkualitas Ukuran kualitas suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh akreditasi institusi, akreditas program studi, dan akreditasi internasional  serta rangking nasional dan internasional” jelasnya di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), jumat (23/3).

SDM merupakan salah satu pilar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekonologi (iptek), karena salah satu ukuran suatu Negara itu masuk kelompok Negara maju adalah penguasaan terhadap ipteks melalui proses pendidikan yang berkualitas, tambah Prof Lincolin. .

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. H. Syaiful Bakhri, S.H., M.H. menuturkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia dalam ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk membangun Indonesia di masa depan.

“Rakornas ini untuk meningkatkan Proses pendidikan yang berkualitas di Perguruan tinggi Muhammadiah dan Aisyiyah, terutama Pascasarjana dalam Memperkuat Tradisi Riset dan Publikasi” katanya.

Di tempat terpisah, PP muhammadiyah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) bidang Keuangan dan SDM tepatnya di     Aula Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ.
 



Berita Terkait