Untitled Document

Hadirkan Gunter Pauli, Universitas Trilogi Inisiasi Penguatan Blue Economy PENDIDIKAN

Hadirkan Gunter Pauli, Universitas Trilogi Inisiasi Penguatan Blue Economy


Suaraterkini.com - Gagasan Blue Economy (ekonomi biru) jika diterjemahkan secara implementatif adalah usaha untuk menjaga agar langit dan laut tetap biru. Alam yang  identik dengan biru menunjukkan bahwa kondisi lingkungan yang sehat. Lingkungan yang demikian tentu hanya bisa dihadirkan dengan memahami bagaimana alam bekerja. Selanjutnya, kondisi yang demikian juga berdampak pada keberlangsungan hidup dan kesejahteraan.

Mengapa demikian? Menurut sang inisiator Blue Economy, Prof. Dr. Gunter Pauli, gagasannya tersebut hadir untuk mendorong pemanfaatan sumber daya lokal melalui beragam inovasi. ‘Bahkan tidak ada yang mengganggur. Pasti mereka bekerja, kecil ataupun besar. Pastinya mereka tidak ada yang menganggur,” paparnya dalam Konferensi Internasional yang diadakan oleh Universitas Trilogi belum lama ini.

Menteri Tenaga Kerja yang diwakili oleh Abdul Wahab Bangkona berharap bahwa gagasan ini bisa memberikan hasil optimal bagi sumber daya kita. “Arahnya harus diarahkan kepada peningkatan produktifitas pekerjaan dan penciptaan lapangan kerja. Langkah-langkah tersebut harus didukung oleh semua pihak, “sampai Staf Ahli Hubungan Internasional Menaker ini dalam sambutannya. 

Sejalan dengan semangat ini, Rektor Universitas Trilogi, Dr. Aam Bastaman menuturkan bahwa konferensi yang berlangsung merupakan sebuah momentum bersama untuk kembali memahami bahwa Blue Economy adalah bagian dari tata nilai kehidupan yang harus diimplementasikan. 

“Semangat menerapkan Ekonomi Biru ini bahkan menjadi bagian dari semangat lahirnya Universitas Trilogi. Konteks ini bisa dilihat dari Misi Universitas Trilogi yang menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan keteknopreneuran, kemampuan bekerjasama dan kemandirian dalam lingkungan Ekonomi Biru,” jelasnya.

Lebih lanjut Rektor Kampus Teknopreneur ini menggaris bawahi harus ada kolaborasi yang kuat, karena Universitas Trilogi meyakini apabila semua sektor bisa bekerjasama dalam rangka mendukung program terkait Ekonomi Biru. Maka dengan demikian nilai kehidupan masyarakat kita akan bertambah. 

Sementara itu panitia pengarah, Budhi Purwandaya, Ph.D menuturkan acara ini akan menghadirkan banyak pihak dari berbagai elemen. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa menghadirkan pemikiran Ekonomi Biru membutuhkan semangat kebersamaan. 

“Konsep ini bukan hanya untuk rumpun ekonomi, tapi ini adalah gagasan besar, model business, keteknopreneuran untuk keberlanjutan alam dan kehidupan itu sendiri. Model-model kewirausahaan ini dilakukan dengan mendasarkankan pada ecological system.  Bahkan ini sangat menunjang program dari MDGs yang sekarang sudah dilanjutkan dalam bentuk Sustainable Developments Goals,” tutur Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi ini. 
 



Berita Terkait

UAI Persiapkan Generasi Indonesia Emas 2045 

24 Aug 2019, 11:18

Pada tahun 2045 Indonesia genap seratus tahun kemerdekaan, di tahun yang sama Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak, untuk itu perlu mempersipkan Sumber daya ...