Untitled Document

Peran Guru BK dalam Membangun Karakter Generasi Milenial PENDIDIKAN

Peran Guru BK dalam Membangun Karakter Generasi Milenial


Suaraterkini.com - Perkembangan teknologi informasi semakin pesat, membuat generasi muda saat ini atau yang lebih dikenal dengan generasi Z atau milenial mudah terpengaruh oleh media sosial hal tersebut dikatakan Psikolog Universitas Pancasila Maharani Ardi Putri. 

“Guru Bimbingan Konseling (BK) harus mengikuti perkembangan zaman agar bisa memahami karakteristik anak yang menjadi bimbingannya, jelas Putri di sela-sela Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling, SMA, SMK, SMF Wilayah Jabodetabek Cilegon dan Sukabumi di Aula Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta, (16/1).

Belum lagi permasalahan remaja yang kerap dihadapkan dengan permasalahan penggunaan narkoba, radikalisme, terorisme, seks bebas, maka guru BK harus bisa memahami tentang permasalahan tersebut,tambah Putri yang juga menjabat sebagai Kepala Humas Universitas Pancasila.

Dengan tema “Guru BK Sebagai Basis Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial”, Putri mengajak guru BK harus tahu dan harus masuk dalam kehidupan anak didiknya dengan memahami karakter generasi milenial.

"Peran guru BK sangat sentral sehingga guru bimbingan konseling mempunyai peran luar biasa untuk memajukan anak didiknya," tuturnya di hadapan  280 guru bimbingan konseling dari Jabdetabek, Cilegon dan Sukabumi mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Universitas Pancasila.

Karena itu, lanjut putri, guru BK bisa mengarahkan minat, bakat dan kemampuan muridnya untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat menghasilkan Sumber daya manusia yang Terdidik, Berwawasan luas berkarakter pancasila, dan siap berkompetensi di kancah internasional. 
 



Berita Terkait