Untitled Document

FRI Dorong Pemerintah Bentuk Lembaga yang Mengatur Riset PENDIDIKAN

FRI Dorong Pemerintah Bentuk Lembaga yang Mengatur Riset


Suaraterkini.com - Hasil riset di kampus harusnya menjadi solusi bagi kehidupan masyarkat Indonesia, untuk itu perlu adanya sinergi antara dunia pendidikan, bisnis dan pemerintah sehingga hasil riset dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi industri maupun masyrakat, kata ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof. Dr Suyatno, M.Pd pada Seminar dan Focus Group Discussion (FGD) Forum Rektor Indonesia  (FRI) dengan Tema “ Penguatan Hilirisasi Riset, Pengembangan dan Inovasi Menghadapi Era Disrupsi : Antara Kebijakan dan Implementasi” di Universitas al Azhar Indonesia, Kebayoran Baru Jakarta  (4/12).

“Sampai saat ini hasil riset di kampus belum bersinergi dengan regulasi dan industri, untuk itu FRI merumuskan Triple helix (akademisi, industri dan pemerintah) supaya terjadi sinergi, dan hasil penelian dapat d terima masyakat maupun dunia industri dengan dukungan pemerintah, sebab yang ada sekarang ini administrasi riset lebih ribet dari pada hasilnya itu sendiri,” tegas Prof Suyatno.   

Sementara itu Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Prof Asep Saefuddin mengatakan, dalam Tripel helix ini, harusnya menjadi solusi dalam meningkatkan dan mengembangkan riset yang memiliki nilai ekonomi dan bisa di manfaatkan untuk industri maupun masyarkat.

Untuk itu, Lanjut Prof Asep mewacanakan adanya suatu badan atau lembaga yang mengurusi Riset, Inovasi, hak cipta, pajak, permodalan bahkan membuat PT dalam mengembangkan risetnya sehingga dapat bermanfaat bagi masyrakat atau industri, karena sampai saat ini hasil riset di perguruan tinggi kebayakan tidak di terima industri maupun masyarakat.

dalam mengembagkan kampus riset, Bahkan UAI tengah mengembangkan Cowork space di kafetarian, hal ini untuk mengembangkan dan mendorong Inovasi di kampus, sehingga kampus dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya siap kerja, namun dapat membuka lapangan kerja, harap Prof Asep yang juga wakil Forum Rektor Indonesia. 
 
 



Berita Terkait

PT Piagio Indonesia pamerkan, 50 tahun Vespa Primavera

15 Oct 2018, 05:34

Melanjutkan kemeriahan ulang tahun Vespa Primavera yang ke-50, PT Piaggio Indonesia dengan bangga memamerkan skuter ikonik tersebut dalam gelaran Mall Exhibition di Pondok Indah Mall 2, mulai tanggal ...