Untitled Document

SINAPTIKA 2017 Siap Bikin Satgas Anti Berita Palsu PENDIDIKAN

SINAPTIKA 2017 Siap Bikin Satgas Anti Berita Palsu


Suaraterkini.com - Perkembangan teknologi informasi membuat arus informasi semakin banyak, mudah dan cepat sehingga masyarakat dengan mudah menerima informasi bahkan informasi bersifat bohong, hoax,  kata Dr. Mujiono Sadikin, MT ketua Seminar Nasional Pengaplikasian Teknologi Informasi (SINAPTIKA) 2017.

Kegiatan tahunan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana (UMB) mengusung tema "Peran Teknologi Informasi dalam Menyikapi Peluang dan Tantangan Keberlimpahan Informasi". menegaskan berlimpahnya informasi yang tersedia juga bukan tanpa persoalan. Informasi yang beredar itu tidak sedikit bernilai negative dan mengandung kebohongan. Akibatnya informasi yang diserap pun tidak sesuai kenyataannya, tambahnya.

Sementara itu Wakil Dekan I Fasilkom UMB Dr Ida Nurhaida, MT menuturkan, Berita palsu, hoax atau fake news yang beredar di masyarakat adalah persoalan serius. Karena kesalahan informasi itu akan berdampak pada sikap atau respon yang tidak tepat. Dampaknya pun bias sangat buruk.

Menurutnya ada beberapa perguruan tinggi telah membuat aplikasi yang mampu mendeteksi kebenaran sebuah informasi, sehingga masyarakat mampu menerima informasi secara benar.

“Kalau itu berita bohongkan tidak perlu menjadi perhatian. Jika perlu langsung saja dijauhkan atau dihapus,” paparnya.

Dari hasil SINAPTIKA 2017, akan melahirkan aplikasi, sambung dia aplikasi ini yang akan mendeteksi berita bohong tersebut perlu juga dukungan team yang kuat. Dengan demikian upaya mencegah pemberitaan palsu di era keterbukaan informasi ini bisa lebih terkendali, harapnya.



Berita Terkait

Survei: Ini Sarapan Sehat Masyarakat Indonesia

11 May 2019, 16:30

Herbalife Nutrition, merilis sejumlah temuan dari survei bertajuk “Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik 2019 (The Asia Pacific Healthy Breakfast Survey 2019)”. Survei yang dilakukan pada ...