Untitled Document

Rumus Lima Sehat Sebuah Perguruan Tinggi PENDIDIKAN

Rumus Lima Sehat Sebuah Perguruan Tinggi


Suaraterkini.com - Perguruan tinggi menjadi bagian dari upaya percepatan kualitas SDM suatu bangsa. Maka sangat tepat penguatan kualitas pada perguruan tinggi menjadi syarat utama. Karena tanpa perguruan tinggi yang kuat menjadi sulit peningkatan kualitas SDM suatu bangsa itu terwujud.

Hal tersebut menjadi pemaparan dalam seminar “Tata Kelola dan Good University Governance” yang menghadirkan pembicara Inspektur Jenderal Kemenristek Dikti, Prof. Dr. Jamal Wiwoho. Dengan peserta para dosen dan pejabat structural Universitas Mercu Buana.

“Perguruan tinggi harus sehat dan kuat, jika ingin menghasilkan generasi SDM Indonesia yang kuat dan sehat. Makanya tata kelola perguruan tinggi menjadi hal pokok yang tidak bisa diabaikan,” tegas Inspektur Jenderal Kemenristek Dikti, Prof. Dr. Jamal Wiwoho di kampus UMB, Jakarta, Selasa (22/8/17).

Perguruan tinggi sehat, lanjut dia perlu sebuah rumusan yang mendalam. Pemerintah melalui Kementerian Ristek dan Dikti membuat lima rumusan perguruan tinggi sehat. Pertama; sehat idealism yang dimaknai sebagai tujuan pengelolaan perguruan tinggi adalah mencerdaskan bangsa, bukan kepentingan keuntungan.

Rumusan sehat kedua, lanjut dia adalah sehat organisasi, perguruan tinggi manapun harus memiliki organisasi yang sehat dalam pengelolaannya. Organisasi perguruan tinggi yang sehat menjamin pelayanan yang baik dan berkelanjutan.

“Rumusan ketiga itu sehat finansial. Artinya perguruan tinggi harus memiliki sumber dana kegiatan yang tidak pada satu tempat. Tapi membuka sumber pendanaan lain yang tidak melawan peraturan. Misalnya mengandeng dunia industri,” ujarnya.

Sedangkan rumusan sehat keempat itu sehat sivitas akademik. Yakni mulai dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa sampai alumni memiliki kemampuan dan kualitas memadai. Dosen harus berpendidikan tertinggi dalam jenjang perguruan tinggi, tenaga kependidikan harus profesional, rekrutemen mahsiswa terseleksi dengan baik dan alumninya juga terkelola.

Rumusan terakhir, Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengatakan sebagai sehat masyarakat. Artinya perguruan tinggi tersebut menjadi rujukan dan kepercayaan orang tua dalam mendapatkan pendidikan memadai bagi anak-anaknya.(*)



Berita Terkait

Datascrip Hadirkan Service Center Baru di Semarang

10 Aug 2019, 09:07

pt. Datascrip sebagai The One Stop Business Solution menghadirkan Datascrip Service Center cabang Semarang di gedung yang baru di Ruko Peterongan Plaza, Peterongan, Kota Semarang. Datascrip ...