Untitled Document

Temuan `SLIFA` UMB, Kurangi Resiko Kecelakaan Dalam Berkendara PENDIDIKAN

Temuan `SLIFA` UMB, Kurangi Resiko Kecelakaan Dalam Berkendara


Suaraterkini.com - Menyambut Hari Teknologi Nasional/Harteknas ke 22 yang di langsungkan di Makassar tgl 10 Agustus 2017 lalu, Universitas Mercu Buana memperkenalkan alat pengendali kecepatan kendaraan, yaitu Speed Limiter Itegrated Fatigue Analyzer/SLIFA.

Penemu alat ini Darwin Sebayang menjelaskan bahwa alat pengendali kecepatan ini di maksudkan untuk menghindari kecelakaan fatal akibat kelelahan dan rasa ngantuk dari pengemudi.

Ditambahkan oleh Hadi Pranoto yang juga merupakan penemu SLIFA bahwa cara kerja alat adalah jika supir mengantuk maka kecepatan akan langsung menurun hingga 30 km/jam.Kegunaan lain dari SLIFA adalah dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Hasil temuan ini, telah mendapatkan banyak penghargaan diantaranya adalah Gold Medal pada ITEX Malaysia 2016, Bronze Medall pada SIIF Korea Selatan 2016, Special Award pada SVS Innovation Centre India 2016dan Best Invention pada IFIA Indonesia 2016.

Kegiatan pada Harteknas Makassar merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas MercuBuana.

Kepala Pusat Pengabdian Pada MasyarakatUniversitas Mercu BuanaDr. Inge Hutagalung, M.Si menjelaskan dengan mengikuti kegiatan Harteknas diharapkan informasi terkait SLIFA dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat.



Berita Terkait

UBL Jakarta Lestarikan Kearifan Lokal Suku Anak Dalam

24 Apr 2018, 17:50

Tradisi Telinga Aru merupakan salah satu tradisi di daerah pedalaman Kalimantan yang hampir hilang karena tidak ada lagi generasi muda yang meneruskan tradisi tersebut. Anggapan bahwa tradisi ...