Untitled Document

STMIK Eresha Berikan Pelatihan Pemograman Android di SMK Grafika PENDIDIKAN

STMIK Eresha Berikan Pelatihan Pemograman Android di SMK Grafika


Suaraterkini.com - Mahasiswa STMIK Eresha menggelar workshop Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Kegiatan digelar di SMK Grafika Lebak Bulus pada 25 Juni 2019 lalu, dengan mengusung Tema “Pengenalan dan Pelatihan Bahasa Pemograman Android”.

Sugiyono,salah satu mahasiswa STMIK Eresha dan juga Ketua Kelompok PKM menyampaikan,”  di era digital dan semakin berkembangnya teknologi saat ini. Setiap orang diharuskan memiliki pengetahuan tentang pemograman.

Apalagi bagi kalangan para siswa/siswi seperti SMA/SMK yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Selain itu, agar dapat lebih mudah menentukan kemana tujuan yang akan dipilihnya untuk bekal memasuki dunia kerja,”  ucapnya.

Dijelaskan Sugiyono, setiap orang  saat ini pasti memiliki smartphone, Android adalah sistem operasi yang sangat banyak digunakan pada smartphone. Semakin populernya Android membuat semakin banyak juga orang yang ingin mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi Android.

Untuk itu,  kami Mahasiswa dan Dosen STMIK Eresha Pak Salman Farizy), bertempat di ruang Lab komputer memberikan materi pengenalan dan pelatihan dasar tentang bahasa pemograman android. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa/siswi SMK Grafika dengan sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan,” jelas Sugiyono.

Ditambahkannya, para siswa/siswi selanjutnya diberikan materi untuk latihan praktek membuat aplikasi android sederhana, agar dapat langsung mempraktekkan dan paham langkah-langkah pembuatan aplikasi android. 

Dan banyak juga manfaat yang didapat para siswa/siswa dari belajar bahasa pemograman,diantaranya adalah meningkatkan kemampuan berpikir secara logis, mengembangkan cara berpikir dengan sistematis, melatih teliti terhadap detail serta meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah.

Setelah akhir materi praktek , Dimas salah satu siswa SMK Grafika memberanikan diri untuk maju kedepan memberikan review dari apa yang didapat ilmu-ilmu yang bermanfaat dari kegiatan PKM ini.

STMIK Eresha berharap melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat(PKM), para siswa/siswi SMK Grafika dapat lebih berkembang dan memiliki pengetahuan yang luas. 

Dan kami Mahasiswa maupun Dosen STMIK Eresha memiliki tanggung jawab untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

 

amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait