Untitled Document

Simulator Pembelajaran Osiloskop Karya Ilmuwan UMB Raih Pujian PENDIDIKAN

Simulator Pembelajaran Osiloskop Karya Ilmuwan UMB Raih Pujian
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Mendengarkan Hasil Penemuan Tim Ahli Universitas Mercu Buana


Suaraterkini.com - Osiloskop adalah alat ukur listrik yang berfungsi memproyeksikan bentuk isyarat listrik dengan menunjukkan grafik dari tegangan terhadap waktu pada layarnya. Agar dapat dilihat dan dipelajari. Dengan mengunakan osiloskop dapat diketahui besaran-besaran pada isyarat listrik seperti tegangan, frekuensi, periode dan bentuk isyarat dari objek yang diukur.

Tentu saja alat Osiloskop itu cukup mahal bagi pelajar sekolah. Maka dibutuhkan simulator pembelajaran osiloskop yang lebih terjangkau dengan kemampuan yang sama. Sehingga pelajar tetap mampu memahami osiloskop secara baik.

“Simulator pembelajaran osiloscop ini mempermudah siswa memahami berbagai instrument yang ada pada osiloscop sebenarnya. Jadi ini adalah alat pembelajaran,” kata Kepala Pusat Kerjasama Internasional dan Inovasi, Dr. Ing. Darwin Sebayang saat mempresentasikan Simulator Pembelajaran Osiloscop karya Ilmuwan UMB dalam acara Reserch, Innovation and Technologi Expo (Ritech Expo), di Makassar, Jumat (11/8/17).

Dengan simulator pembelajaran osiloscop ini, lanjut Darwin Sebayang akan memudahkan pelajar dan mahasiswa atau pun pihak yang ingin mengetahui lebih banyak tentang osiloscop menjadi lebih cepat. Karena semua instrument yang digunakan dalam osiloscop tersebut juga dioperasikan dalam simulator pembelajaran.

Artinya, sambung Darwin tidak ada perbedaan bagi pelajar atau mahasiswa saat menggunakan simulator pembelajaran osiloscop dengan alat osiloscop sebenarnya. Sehingga pelajar pun dapat memahami berbagai tampilan gelombang yang muncul pada osiloscop sebenarnya.

Simulator Pembelajaran Osiloskop adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memperkenalkan kepada pengguna mengenai dasar sistem pengukuran isyarat listrik menggunakan osiloskop. Simulator Pembelajaran Osiloskop dapat digunakan untuk melatih pengguna dalam pengoperasian osiloskop yang sebenarnya.

“Penampilan instrumen-instrumen dalam Simulator Pembelajaran Osiloskop beserta dengan komponen dan tombol-tombolnya menyerupai bentuk instrumen yang sebenarnya,” imbuhnya.

Pameran simulator pembelajaran osiloscop itu pun mendapat pujian dari pengujung Ritech Expo. Banyak diantara pengujung pameran tersebut secara langsung mencoba simulator pembelajaran osiloscop tersebut.

Kepala Pusat Pengabdian PadaMasyarakat UMB, Dr. Inge Hutagalung berharap Oscilloscope Learning Simulator dapat  membantu pemecahan masalah dari penggunaan Oscilloscope yang asli.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana Danto Sukmajati, M.Sc., Ph.D, Alat ini sudah mulai diuji cobakan di dua sekolah di Jakarta yakni SMK 53 dan 35 Jakarta Barat.Tidak hanya di Jakarta, penggunaan alat ini juga sudah mulai disosialisasikan kekampus Universitas Negeri Makassar dan Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Makassar.

Sebagai tambahan, Hasil temuan tiga ilmuwan UMB yakni Ir. Ignatius Agung Wibowo, M.Sc, Prof (em). Dr-Ing. Darwin Sebayang dan Nur Diah, SST, MT telah mendapatkan sertifikasi hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM. Tercapat pada Direktorat Hak Cipta, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Republik Indonesia No.: C00201701892.



Berita Terkait

Kehadiran IoT Membawa kemudahan Bagi Kehidupan

30 Sep 2018, 20:38

Kehadiran IoT (Internet of Things) membawa pembaharuan dalam dunia teknologi. IoT memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pendidikan, keamanan hingga di dunia ...