Untitled Document

Kirim Enam Relawan Bantu Korban Banjir PENDIDIKAN

Kirim Enam Relawan Bantu Korban Banjir
Tim Relawan Bencana UMB


Suaraterkini.com - Tragedi banjir yang melanda Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung menjadi perhatian sivitas Universitas Mercu Buana. Wujud keprihatinan itu ditunjukan dengan mengirimkan enam relawan ke lokasi bencana.

“Kita focus pada penanganan pascabencana. Hal tersebut dianggap lebih penting sebagai upaya mempersiapkan korban banjir mengahadapai hari-hari berikutnya,” ujar Pendamping Tim Relawan UMB, Aji Wicaksono SH, M.Hum saat ditemui di kampus UMB, Jakarta, Sabtu (5/8/17).

Di lokasi bencana, sambung dia berbagai kegiatan dilakukan tim relawan UMB. Mulai dari memberikan bantuan materiil, mengajar anak-anak korban bencana, membantu kegiatan tim evakuasi hingga mencoba mengurangi beban psikologis para korban banjir.

Selama berada di lokasi, Aji Wicaksono yang juga dosen UMB tersebut menjelaskan para relawan UMB memang tidak banyak jumlahnya. Sejak berangkat dari kampus hanya beranggotan enam orang. Hal ini bertujuan lebih focus pada kegiatan yang akan dilakukan di lokasi bencana.

“Para relawan tersebut merupakan gabungan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Serta berasal dari lintas fakultas, sehingga mampu memberikan peran yang optimal,” imbuhnya.

Pendamping tim relawan UMB itu menambahkan kegiatan para relawan merupakan bagian dari program Mahasiswa Peduli Bencana. Yaitu kegiatan pengabdian lapangan sebagai bagian dari implementasi keilmuan.

Lebih detil tim relawan UMB bersama sama relawan dari berbagai kampus lain  berhasil melakukan berbagai perbaikan. Antara lain bantu SD yang terdampak banjir, membongkar rumah warga yang rusak tersapu banjir, memberikan pelayanan kesehatan, membantu guru setempat mengajar murid hingga trauma healing.

Adapun bantuan materiil yang diserahkan relawan UMB adalah dana sebesar Rp. 3.2 juta, belasan sajadah dan sejumlah pakaian layak pakai. Sedangkan realwan itu adalah Kurniadi, Surya Perdana, Rizki Fajar R, Rungga Abdi P, Sidiq Wicaksono dan Sahar Abdilah yang berada di lokasi selama satu pekan. (*)



Berita Terkait

Program CSR SHARP Class Sambangi Kota Banjarmasin

22 Jul 2019, 10:48

PT Sharp Electronics Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertajuk SHARP Class, sambangi Kota Banjarmasin, Kamis, 18 Juli 2019. Dengan menggandeng SMKN 5 ...