Untitled Document

Tips Agar Anak Terhindar Dari Bullying PENDIDIKAN

Tips Agar Anak Terhindar Dari Bullying


Suaraterkini.com - Maraknya aksi perundungan atau bullying yang dilakukan pelajar terhadap rekan sesama pelajar membuat semua orang terhenyak. Sekolah sebagai instusi yang mengajarkan moral dan ilmu ternyata tidak lepas dari aksi Bullying.

Kejadian yang kerap terulang ini membuat orang tua murid menjadi was-was ketika mendengan berita di Televisi atau media sosial, lembaga pendidikan idealnya dapat mencetak generasi pintar, baik, berbakti pada orang tua, guru dan menghormati sesama bukan sebaliknya, kata Dosen Komunikasi  Universitas Mercu Buana (UMB) Sri Wahyuning Astuti di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Arrohmaniah Bogor.

“Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki andil besar dalam memberikan rasa aman bagi murid dan orang tua, namun dengan berbagai persoalan sosial, ekonomi dan arus informasi yang bebas, tindak bullying bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja, untuk itu perlu komunikasi yang intens antara murid, guru dan orang tua” jelasnya saat melakukan pengabdian pada masyarakat di SDIT Arrohmaniah.

Aksi perundungan memang bisa terjadi dimana saja, dan dengan korban siapapun. Namun mereka yang melakukan perundungan biasanya memilih korban yang terlihat lemah dan tidak berdaya. Karena itulah untuk memberikan keberanian kepada anak-anak agar mampu melawan aksi Bullying, Universitas mercu Buana Jakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pemahaman tentang perilaku Bullyng dan antisipasi untuk menghadapinya.

Asrie panggilan akrab Sri Wahyuning Astuti memberikan tips supaya anak kita terhindar dari aksi bullying, dengan memberikan penjelas ke murid terkait tindakan bullying, hal itu penting di lakukan seperti  memadukan penjelas guru (materi belajar_red) dengan cara  bermain ular tangga “aku Anak berani” dan bernyanyi.

Dengan ketiga unsur tersebut,Asrie berharap anak-anak mampu menangkap isi pesan yang disampaikan dan dapat mengambil tindakan bila terjadi Perundungan, pungkasnya.



Berita Terkait