Untitled Document

Peran Pendidikan Pancasila dalam membangun Etika Politik di Indonesia PENDIDIKAN

Peran Pendidikan Pancasila dalam membangun Etika Politik di Indonesia


Suaraterkini.com - Tahun politik 2019 ini, masyarakat indonesia disuguhkan dengan politik yang tidak beretika, sehingga menimbulkan gesekan, saling membenci, menyerang pribadi bahkan sampai adu fisik karena beda pilihan hal tersebut disayangkan Ketua Yayasan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo.

"Etika demokrasi di Indonesia mengalami kemunduran, seharusnya para politisi yang jumlahnya lebih dari 200 ribu caleg diseluruh Indonesia menjelaskan tujuan besar bernegara, bagaimana membangun negara ke depan, bagaimana mengolah potensi lokal yang bisa mensejahterakan rakyat, maka pemilu akan menjadi pendidikan politik yang baik," katanya Dalam acara Dialog Nasional "Membangun Etika Dalam Berdemokrasi Pancasila" di Universitas Pancasila Jakarta Selatan, (20/2).

Dialog Nasional dihadiri Mantan Ketua Muhammadiayah Syafii Ma’arif, Mantan Ketua BPIP Yudi Latif dan Ketua Yayasan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo 

sementara Pembina Universitas Pancasila Edie Toet Hendratno menyoroti peran penting institusi pendidikan dalam tegaknya etika pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan pendidikan. 

“ Di Universitas Pancasila setiap dosen sebelum memulai perkuliahan wajib memberikan pendahuluan terkait nilai-nilai pancasila, sehingga generasi muda dapat memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, ungkapnya. 

Edie Toet Hendratno berharap pemerintah melalui kemendikbud dan kemenristekdikti menghidupkan kembali pelajaran pancasila mulai usia dini (PAUD atau TK) sampai perguruan tinggi sehingga melahirkan pemimpin Indonesia yang berkarater Pancasila.

 

Amin Engkos
amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait

UAI Persiapkan Generasi Indonesia Emas 2045 

24 Aug 2019, 11:18

Pada tahun 2045 Indonesia genap seratus tahun kemerdekaan, di tahun yang sama Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak, untuk itu perlu mempersipkan Sumber daya ...