Untitled Document

UAI Siap Menyelenggarakan Perkuliahan 4.0  PENDIDIKAN

UAI Siap Menyelenggarakan Perkuliahan 4.0 


Suaraterkini.com - Kemajuan teknologi informasi harusnya tidak menghambat minat masyarakat untuk mencari ilmu terutama yang terlanjur sibuk bekerja atau tinggal di daerah namun ingin melanjutkan ke perguruan tinggi atau meraih gelar akademik kata Rektor Universitas Al Azhar (UAI) Prof Dr Asep Saefuddin, MSc. 
 
"Sekarang ini kita menghadapi era disrupsi. Berdasarkan data 2016, ada sekitar 88 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet, 79 juta di antaranya aktif di media sosial yang umumnya menggunakan telepon genggam, ini menunjukan kemudahan akses informasi begitu mudah dan masyarakat yang sibuk atau tinggal di daerah namun haus akan ilmu pengetahuan dapat memperoleh hal tersebut dengan kuliah jarak jauh " jelas Prof Asep Saefuddin sesaat setelah melantik 298 wisudawan baru, program Sarjana S1 dan Magister S2 pada Wisuda UAI XX di Manggala Wana Bhakti Jakarta, kemarin.

Menurut Prof Asep yang juga Guru Besar Ilmu Statistik, sistem pendidikan dan peraturan terkait pembelajaran harus kekinian, artinya harus beradaptasi sesuai dengan kebutuhan masyrakat saat ini tanpa mengurangi nilai kilmuan tersebut, jangan sampai masyarakat indonesia hanya sebagai konsumen informasi namun harus medorong menjadi sumber informasi yang dapat memberikan ilmu pengetahuan dan pengaruhnya di dunia salah satunya melalui jurnal internasional.

"Sebagai konsekuensi dari kenyataan digitalisasi ini, maka kita harus mampu secara bijak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, yakni sosial, ekonomi, politik, dan pendidikan. Jangan sampai kita justru menjadi konsumen utama di era digital ini," imbuh dia.
Untuk itu, Asep meminta para lulusan UAI harus terbuka dengan perubahan zaman. Para lulusan harus menjadi driverperubahan bukan sekedar follower. Karena di UAI sendiri selain sistem pendidikannya telah e-learning dan ditargetkan tahun 2020 UAI dapat melakukan Perkuliah Jarak Jauh (PJJ). 

"Dengan perkuliahan jarak jauh diharapkan semua lapisan masyarakat Indonesia mendapatkan ilmu pengetahuan atau gelar akademik sehingga melahirkan generasi milenial kreatif, inovatif, terbuka, tidak bosan untuk belajar dan mengasah keterampilannya serta emiliki karakter kuat dan wawasan global untuk memajukan Indonesia," pungkasnya. 

Sebagai tambahan kegiatan tersebut UAI juga memberikan hadiah Umrah bagi wisudawan terbaik pertama, yakni Nuraemy Firdaus dari Fakultas Hukum, serta beasiswa dari Bank Muamalat bagi wisudawan terbaik pertama, kedua dan ketiga dan memberikan Alumni Award kepada beberapa alumni berprestasi yang mewakili di masing-masing Fakultas yang terdapat di UAI,



Berita Terkait

OPPO Umumkan Ketersediaan F11 di Pasar Indonesia

23 Apr 2019, 08:51

OPPO mengumumkan bahwa masa pemesanan awal F11 telah selesai dan pelanggan bisa membeli langsung perangkat tersebut di seluruh gerai resmi OPPO Indonesia dan berbagai situs e-dagang Indonesia ...