Untitled Document

Fikom UMB Gelar Pelatihan Menulis Konten Positif di Medsos PENDIDIKAN

Fikom UMB Gelar Pelatihan Menulis Konten Positif di Medsos


Suaraterkini.com - Fakutas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (Fikom UMB)Jakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Marunda, Jakarta Utara, Senin (28/01/2019).  Pelatihan yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Membuat Konten Positif melalui Sosial Media Writing bagi Remaja” tersebut diikuti puluhan siswa dan siswi SMKN 49 Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Dosen UMB Wenny Pahlemy mengatakan, bahwa remaja aktif menggunakan sosial media, baik itu memposting komentar, gambar ataupun video.  Namun, remaja belum memahami akibat buruk konten negatif yang mereka buat.  

“Di sisi lain, remaja perlu dibangunkan kesadarannya untuk mengunggah konten positif di media sosial (Medsos)”, ungkap Wenny yang juga pemberi materi pelatihan.  

Pada pelatihan tersebut, peserta berlatih menuliskan komentar positif dari beberapa gambar yang diberikan.  Di akhir pelatihan peserta diminta komitmennya berkaitan dengan interaksi mereka dengan media sosial.  

Salah satu siswa menuliskan:”Saya akan berpikir dahulu manfaatnya apa yang saya posting di sosial media”.  Siswa lain menuliskan: “Setelah ini saya akan mulai memberikan komentar yang positif kepada postingan orang lain”.  Ada juga yang menuliskan:”Saya akan berhenti untuk menghujat orang lain”.  Siswa lain:”Berhenti untuk mengejek di medsos”.

Dari hasil pelatihan ini, Wenny berharap generasi muda Indonesia dapat memanfaatkan media sosial untuk hal yang positif, berinterkasi secara bijak dan selektif dalam menerima setiap informasi karena hal tersebut dapat membentuk pola pikir, dengan keterbukaan informasi generasi milenial harus lebih kreatif dan produktif karena persiangan tidak hanya dari dalam negeri tapi luar negeri, pungkasnya.



Berita Terkait