Untitled Document

Rektor UMB Mengajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan PENDIDIKAN

Rektor UMB Mengajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan


Suaraterkini.com - Menjaga lingkungan, sambung dia merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak terkecuali Perguruan tinggi. Amanah itu harus diimplementasikan dalam program kegiatan. Baik kegiatan yang berkaitan pada perkuliahan maupun non-militer perkuliahan kata Rektor Universitas Mercu Buana (UMB), Prof. Dr.  Ngadino Surip.

"kerusakan alam ikut memicu terjadinya peristiwa bencana alam, yang dalam beberapa tahun terakhir ini mengalai peningkatan. Maka upaya merawat lingkungan menjadi bagian dari mencegah terjadi bencana alam" jelasnya.

Menjaga lingkungan adalah sebagian dari upaya menjaga lingkungan. Hal itu berarti pula mencegah kerusakan alam, " tambah Ngadino Surip saat menyerahkan tempat sampah di SMP Kartini dan SD Nasimah dalam rangkaian acara Media Gathering di Semarang,  Sabtu (26/1). 

Menjaga lingkungan, sambung dia merupakan tanggung jawab semua pihak, tidak terkecuali Perguruan tinggi. Amanah itu harus diimplementasikan dalam program kegiatan. Baik kegiatan yang berkaitan pada perkuliahan maupun non-militer perkuliahan.

Terlebih lagi amanat UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi memberikan kalimat tegas peran Perguruan tinggi, diantaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian. Ketiga hal itu kemudian dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi. 

"Sejalan dengan hal itu kegiatan Media Gathering yang merupakan program Biro Sekretariat dan Humas UMB juga harus mengusung Tridharma Perguruan Tinggi, " ujarnya. 

Pada tahun ini Media Gathering mengusun tema Green Action Everywhere. Dengan implementasi pemberian tempat sampah unik di sekolah-sekolah. Sedangkan sebelumnya kegiatan Media Gathering juga mengusung kegiatan serupa, seperti penanaman Mangrove di Lampung,  penanaman pohon di lereng Merapi,  Jogjakarta dan berbagai tempat lainnya. 

Sedangkan keunikan tempat sampah ini terletak pada pesan-pesan jenaka dalam konsep pantun. Hal itu diharapkan mampu memberikan edukasi tentang perlunya menjaga lingkungan sekitar. Sekaligus menyediakan sarana yang mendukung kegiatan mencintai lingkungan. 

Sebagai informasi Universitas Mercu Buana merupakan satu dari 82 Perguruan tinggi di Indonesia yang ber akreditasi A atau Unggul.  Memiliki 6 Fakultas, 5 Program studi tingkat Magister dan 1 Program studi tingkat Doktoral. 



Berita Terkait

Roca Hadirkan Teknologi Ramah Lingkungan

23 Mar 2019, 10:05

Roca, perusahaan yang berfokus pada solusi perlengkapan kamar mandi, kembali hadir dalam ajang Indonesia Building Technology (Indo Build Tech) 2019 pada 20-24 Maret 2019 di Indonesia Convention ...