Untitled Document

Tiga Mahasiswa  Esa Unggul Juarai Lomba Kemenristekdikti PENDIDIKAN

Tiga Mahasiswa  Esa Unggul Juarai Lomba Kemenristekdikti


Suaraterkini.com - Tiga mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (FEB) berhasil mendapatkan gelar juara 3 di Lomba Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen yang digelar oleh Kementerian riset dan Teknologi dikti.  Tiga mahasiswa FEB yang membanggakan tersebut yakni Rachmat Efendi, Fendi Kurniawan dan Ni Luh Ratna Puspa Dewi.  

Rachmat Efendi,  Ketua Tim Delegasi UEU di ajang tersebut menjelaskan dalam kompetisi ini Ini melombakan analisis suatu perusahaan yang menerapkan transformasi revolusi industri 4.0.  Terdapat tiga cabang lomba yakni Kompetisi Riset Investasi, Kompetisi Analisis Kasus Bisnis HR & Knowledge Management dan Analisis Rencana Bisnis. Dari tiga kategori tersebut, UEU meraih gelar di Kategori kedua  Analisis Kasus Bisnis HR & Knowledge Management . 

"Alhamdullilah, Kelompok kita menang Juara 3 bidang analisis kasus HR & knowledge management, Tim kita sendiri mengambil judul Transformasi Revolusi Industri 4.0 PT. Indika Energy Tbk melalui PT. indika Digital Teknologi.  Dalam ajang tersebut UEU menyisihkan kurang lebih 100 peserta dari sejumlah  Perguruan Tinggi di Indonesia" Ujar Rachmat di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Rabu (14/11/2018).

Proses seleksi dari perlombaan tersebut berlangsung selama tiga tahap, Rachmat melanjutkan dimulai melalui tahap awal dengan menyortir karya perlombaan yang jumlahnya sekitar 100 peserta, kemudian dipilih 10 karya terbaik, dan pada tahap terakhir dipilih tiga karya terbaik untuk dilombakan yang terdiri dari UEU, UI dan UMM.

Pada analisa yang dipresentasikan dalam lomba tersebut,  Rachmat mengatakan Timnya menitikberatkan pada analisa bagaimana suatu perusahaan yang awalnya bergerak di industri komoditas energi melebarkan sayap dengan membentuk anak perusahaan baru  yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.  Salah satu data menarik yang ditemukan oleh Rachmat dan Timnya yakni adanya peran dari Pimpinan Perusahaan yang baru dalam menentukan arah ekspansi perusahaan. "Dalam data analisa kami, peran seorang pemimpin perusahaan sangat mempengaruhi arah kebijakan perusahaan yang kami analisis," ucapnya. 

Mahasiswa berkacamata ini pun melanjutkan meskipun dihadapi dengan sejumlah kesulitan terutama dalam hal keterbatasan waktu untuk mencari data Primer karena terbentur UTS, namun dirinya bersama tiga temannya tidak gentar untuk terus melanjutkan perlombaan, mereka pun berembuk untuk mendiskusikan pembagian waktu mencari data primer dan tetap konsisten untuk menyelesaikan karya analisa mereka untuk perlombaan sesuai jadwal yang ditetapkan. 

"Lewat konsistensi, kerjasama dan kerjakeras kami, tim UEU berhasil menyelesikan karya analisa untuk perlombaan. Dan lebih surprisenya, kami berhasil masuk sepuluh besar hingga tiga besar terbaik, tidak menyangka sekali sih, soalnya kompetisi ini diikuti PTS dan PTN terbaik di Indonesia yang langganan juara," ucap Rachmat.

Mahasiswa semester lima ini pun berharap agar ditahun depan kita mampu bersaing lagi di kompetisi ini dan bisa mendapat hasil yang lebih baik. Dan pesan untuk mahasiswa esa unggul agar semakin aktif untuk ikut perlombaan-perlombaan khususnya perlombaan akademik di tingkat nasional, agar dapat membawa nama esa unggul dikenal di kancah nasional maupun internasional. 

"Mudah-mudahan diajang-ajang selanjutnya tim Esa Unggul kembali berkarya dan mampu mengharaumpakn nama kampus diajang-ajang skala nasional maupun Internasional, tentu saja ini merupakan momentum bagi kami untuk meningkatkan pengalaman dan skill kami khususnya di bidang analisa ekonomi dan bisnis," tutupnya.



Berita Terkait

Wisuda UNAS Serukan Bangsa untuk Bersatu Pasca Pemilu

23 Apr 2019, 08:54

Universitas Nasional menggelar wisuda untuk seluruh jenjang pendidikan tinggi, di Jakarta Convention Center, pada Minggu (21/4) lalu. Wisuda periode I Tahun Akademik 2018/2019 kal iini berbeda dengan ...