Untitled Document

UBL dan ITS Targetkan Mobil Listrik Selesai Februari 2018 OTOMOTIF

UBL dan ITS Targetkan Mobil Listrik Selesai Februari 2018


Suaraterkini.com - Tim Universitas Budi Luhur (UBL) dan tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) serta Bengkel Idek dari Yogyakarta. Pengerjaan kendaraan berbasis listrik (BLITS) akan selesai pada awal Februari 2018,  yang nantinya akan berlaga dalam kompetisi Reli Dakar 2019.

Menurut Sujono, Dekan Fakultas Teknik UBL sekaligus pimpinan proyek BLITS, saat ini tim pembuatan mobil listrik offroad BLITS telah telah merampungkan pembuatan rangka mobil, hal tersebut diakui berjalan sesuai target.

BLITS adalah nama mobil listrik yang akan dibangun dengan spesifikasi penggerak roda belakang yang mampu menghasilkan kekuatan sebesar 100hp pada 6000rpm. Sebagai penyimpan energi listriknya, BLITS menggunakan baterai berkapasitas 95kWh yang mampu menempuh jarak 250 kilometer dengan kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam,” paparnya.

Ditargetkan seluruh pembuatan mobil akan selesai pada awal Februari 2018. Uji coba terhadap mobil BLITS akan dilakukan sampai jarak 15 ribu kilometer untuk mengetahui performa mobil,” ujar Sujono dalam konferensi pers di Universitas Budi Luhur, Kamis, 21 Desember 2017.

Smentara itu, Rektor UBL, Prof Didik Sulistyanto, menjelaskan kerjasama ini akan menciptakan hak paten dan HAKI dari karya anak bangsa demi memajukan ilmu pengetahuan yang berbasis terapan.

Melalui proyek kerjasama ini, akan terbuka peluang bagi seluruh dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang terkait mobil listrik, dan pada akhirnya bisa menghasilkan hak paten dan HAKI. 

Nur Yulianto, Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember, sekaligus penggagas awal pembuatan mobil listrik ini mengatakan, desain mesin yang diciptakan ITS untuk mobil ini sudah dipatenkan.

Kasih Hanggoro, Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti menambahkan, “Dengan proyek kerjasama mobil listrik ini, diharapkan akan menjadi wadah untuk transfer knowledge dari kedua pihak baik UBL maupun ITS.” Ujar pria yang pernah dua kali mengikuti ajang Reli Dakar di tahun 2010 dan 2011.

Nantinya, setelah BLITS Mobil, ke depan kami akan mempersiapkan proyek BLITS lainnya, yakni BLITS Cycle, BLITS Moto, BLITS ATV, dan BLITS Ridrone," harapnya.
 



Berita Terkait