Untitled Document

Hasil Sidang Majlis Mudzakarah, Al Azhar Tetapan Awal Puasa Pada 17 Mei 2018 KEMENTERIAN

Hasil Sidang Majlis Mudzakarah, Al Azhar Tetapan Awal Puasa Pada 17 Mei 2018


Suaraterkini.com - Majelis Mudzakarah Yayasan Pesanteren Islam (YPI) Al Azhar Jakarta menetapkan awal (1) Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018 dan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018 Kata Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, H. Sobirin H. Solikhudin, di Masjid Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta.

“YPI Al Azhar memiliki komitmen untuk memberikan  pemahaman terhadap umat islam saat ini, yang didasarkan pada Al Qur”an dan Sunnah serta perkembangan sains dan teknologi terkini,” tuturnya.

Penetapan awal ramadhan dan syawal dilakukan oleh beberapa pakar ilmu falaq dan astronomi seperti Prof. Dr. Moedji Raharto dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA 1TB, Prof. Dr. H. Susiknan Azhari, M.A dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP. Muhammadiyah, Dr. K.H. Slamet Hambali, M.Si dari Lajnah Falakiyah PBNU, H. Syarif Ahmad Hakim, M.H dari Dewan Hisab Rukyat PP. Persis dan Dr. H. Juraidi, M.A selaku Direktur URAIS & Binsyar Kementerian Agama RI.

Majelis Mudzkarah diadakan setiap tahun untuk menetapkan awal Ramadhan, Syawal, Dzulhijah dan Muharam. “Majelis Mudzakarah ini untuk memberi pencerahan kepada kaum muslimin tentang motode dan pendekatan dalam penentuan awal Ramadhan, dengan ilmu falaq maupun ru’yah. Sehingga umat tidak terkotak-kotak karena ketidakpahamannya,” tambah H. Sobirin.



Berita Terkait