Untitled Document

Pentingnya Kesadaran Masyarakat atas Kepemilikan Apartemen dan Rusun KEMENTERIAN

Pentingnya Kesadaran Masyarakat  atas Kepemilikan Apartemen dan Rusun


Suaraterkini.com - Pembangunan apartemen dan rumah susun di DKI Jakarta sangat gencar dilakukan. Baik oleh developer swasta maupun pemerintah Provinsi DKI Jakarta kata Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Eddy Kuntadi,  dalam  pembukaan Forum Diskusi Hukum di Jakarta.

“Ketersediaan lahan di Jakarta untuk pemukiman semakin terbatas dan harga tanah semakin mahal sedangkan  Jumlah penduduk semakin bertambah. Sementara itu warga dan konsumen yang selama ini, warga yang tinggal di rumah horisontal masih belum bisa meninggalkan kebiasaannya ketika tinggal di apartemen”tuturnya.

Forum diskusi yang digagas  KADIN DKI Jakarta bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) lkatan Advokal Indonesia (IKADIN) dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Forum Diskusi Hukum untuk membahas persoalan jual beli dan kepemilikan apartemen dan rumah susun. Agar masyarakat lebih memahami seluk beluk tinggal di apartemen , terutama dari aspek sosial budaya dan hukum, tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa permasalahan tersebul telah diatur dalam UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No. 20/2011 tentang Rumah Susun. Akibat ketidaktahuan masyarakat terhadap aspek kepemilikan rumah susun maupun apartemen, tidak sedikit terjadi konflik antara penghuni dengan pengelola gedung. 

Bahkan menurut Data dari Colliers lntenasional Indonesia Jurnal, pasokan apartemen di Jakarta dan sekitarnya pada 2017 diperkirakan mencapai 28 ribu unit.  Melonjak 45,4 persen dari tahun sebelumnva, yakni hanya 19 ribu unit.
 



Berita Terkait

Bantu Relawan Bertugas, Rumah Zakat Dirikan Pos Segar

09 Apr 2019, 20:03

Untuk membantu menjaga kesehatan para relawan yang bertugas memadamkan lahan kebakaran di Pontianak, Rumah Zakat mendirikan Pos Segar. Lokasi Pos Segar berada di Jl. Sungai Raya, Komplek Metro Serdam ...