Untitled Document

IPC Bangun Pelabuhan Terminal Tanjung Pura Standar Internasional KEMENTERIAN

IPC Bangun Pelabuhan Terminal Tanjung Pura Standar Internasional


PT Pelindo II (Persero) / IPC hari ini mencanangkan pembangunan Pelabuhan Terminal Tanjung Pura (Terminal Kijing), yang berlokasi di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.
 

Direktur Utama Pelindo II (Persero) / IPC, Elvyn G Masassya, dalam sambutan Pencanangan Pelabuhan Terminal Tanjung Pura, di Mempawah, mengatakan, Sebagai salah satu proyek strategis nasional, Terminal Tanjung Pura akan menjadi pelabuhan pertama berstandar internasional di Kalimantan.
 

Dalam kesempatan itu, Elvyn memaparkan pencapaian IPC tahun 2017, di mana perseroan berhasil membukukan pendapatan sebesar 10,9 triliun rupiah, yang merupakan pendapatan tertinggi selama 25 tahun usia perseroan.
 

Tahun 2017 juga menjadi tonggak penting dalam sejarah kepelabuhanan di Indonesia, karena untuk pertama kalinya setelah 160 tahun beroperasi, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dapat melayani kapal container berkapasitas 10 ribu TEUs.
 

“Ini adalah kapal terbesar yang pernah berlabuh di Indonesia. Kapal besar ini melayani rute direct call Java-America Express (JAX), yang berlayar rutin setiap minggu dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Los Angeles & Oakland, Amerika Serikat,” jelas Elvyn (11/4).

Sebagai tambahan, Terminal Tanjung Pura merupakan pengembangan dari Pelabuhan Pontianak, Dengan adanya Terminal Tanjung Pura, nantinya kapal-kapal besar (dengan kapasitas XXX TEUs). Pembangunan tahap I Terminal Tanjung Pura ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2019.

 

Suaraterkini.com -


Berita Terkait