Untitled Document

“Semarak Kopi Bengkulu” Kenalkan Kopi Terbaik di Indonesia KEMENTERIAN

“Semarak Kopi Bengkulu” Kenalkan Kopi Terbaik di Indonesia


Suaraterkini.com - Bengkulu merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia serta memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa lemon, coklat, dan herba yang khas. Beberapa kelompok petani telah dibudidayakan kopi organic tanpa pupuk kimia dan pestisida dengan proses pengolahan specialty dan mendapatkan predikat excellent dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia kata Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam “Semarak Kopi Bengkulu” yang berlangsung di Jakarta baru-baru ini.

“’Semarak Kopi Bengkulu’ menjadi ajang perkenalan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu kepada masyarakat luas terutama bagi pengunjung Car Free Day di Jakarta dengan membagi-bagikan 1.000 cup kopi Bengkulu gratis kepada pengunjung” tuturnya.

Kopi Robusta Bengkulu merupakan varian unggulan hingga masuk menjadi peringkat 5 di Pusat Penelitian (PUSLIT) Kopi Nasional. Di sisi lain, produksi kopi Bengkulu masih terkendala dengan angka produksi kopi yang belum maksimal. Angka produksi kopi Bengkulu saat ini baru mencapai mencapai 80.000 ton per tahun, tambah Rohidin.

Dalam kesempatan sama Irfan Anwar, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) mengungkapkan bahwa saat ini total produksi kopi Robusta secara nasional mencapai angka 650 ribu ton. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Sumatera setelah Lampung dan Sumatera Selatan, Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70 persen dari total produksi kopi Robusta di Indonesia.


 



Berita Terkait