Untitled Document

Ketua Kopertis III Bangga Peserta Debat Didominasi Mahasiswi KEMENTERIAN

Ketua Kopertis III Bangga Peserta Debat Didominasi Mahasiswi
Pembukaan NUDC tingkat Kopertis III


Suaraterkini.com - Ketua Kopertis III, Dr. Illah Saillah tidak dapat menutupi rasa bangga atas penyelenggaraan National University Debating Champhionsip (NUDC) tingkat Kopertis III tahun 2017 yang tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena peserta debat bahasa Inggris ini didominasi peserta mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi.

“Ini adalah kemajuan bagi mahasiswi di perguruan tinggi wilayah Jakarta dan Banten. Sebelumnya debat bahasa Inggris mayoritas dari kelompok mahasiswa,” ujar Dr. Illah Saillah saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan NUDC Tingkat Wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi serta Provinsi Banten di kampus UMB, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya jumlah peserta debat dari kalangan perempuan ini memberikan signal positif terhadap kegiatan NUDC pada masa datang. Selain jumlah peserta yang terus bertambah juga keterlibatan kaum perempuan lebih banyak mampu menambah daya tarik kegiatan.

Dia berharap jumlah mahasiswi yang banyak tersebut bisa pula berdampak pada komposisi peserta yang akan ikut pada tingkat Nasional. Karena pada tahun sebelumnya pun didominasi kalangan mahasiswa.

“Lebih banyak peserta mahasiswi yang ikut harusnya juga dalam tingkat nasional dan internasional didominasi mahasiswi,” paparnya dihadapan ratusan peserta NUDC 2017.

Wakil Rektor III UMB, Prof. Dana Santoso menambahkan kompetisi debat tingkat Kopertis III merupakan tahap penjaringan menuju tingkat nasional. Bagi para pemenang dalam kompetisi ini akan berhak mengikuti kompetisi NUDC Tingkat Nasional.

Tentunya, sambung dia peserta NUDC wilayah Kopertis III harus menjadi yang terbaik dalam kompetisi nasional. Makanya seleksi tingkat wilayah ini menjadi sangat penting. Agar peserta yang ikut dalma kompetisi nasional itu bisa pula masuk dalam tingkat Internasional di Mexico.

NUDC wilayah Kopertis III ini diikuti sebanyak 74 tim. Mereka berasal dari 58 tim tingkat perguruan tinggi dan 16 tim tingkat sekolah tingkat atas. Mereka bertarung selama dua hari.



Berita Terkait