Untitled Document

Gandeng Kemendagri dan IPDN, Perpusnas Tingkatkan SDM di Daerah  KEMENTERIAN

Gandeng Kemendagri dan IPDN, Perpusnas Tingkatkan SDM di Daerah 


Suaraterkini.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Rektor Institut  Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) Murtir Jeddawi menyepakati kerja sama  pengembangan perpustakaan dengan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad  Syarif Bando. Penandatangan kesepahaman tersebut dilakukan di Executive Lounge  layanan Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis, (31/1).

Nota kesepahaman Kemendagri dengan Perpusnas meliputi pemanfaatan dan  pengembangan sumber daya perpustakaan di lingkungan Kemendagri, pemanfaatan  dan pengembangan sumber daya di kampus IPDN, pemanfaatan dan pengembangan  sumber daya perpustakaan di daerah serta pertukaran data dan informasi  kelembagaan perpustakaan di daerah. Nota kesepahaman tersebut bertujuan untuk  meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai arah program prioritas  pembangunan nasional 2019-2024.

Pada kesempatan yang sama, Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Kepala Perpusnas  Muhammad Syarif Bando menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama  (PKS) antara Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo dengan Sekretaris Utama  Perpusnas Sri Sumekar. 

PKS ini mengatur lebih spesifik poin-poin MOU antara  Kemendagri dan Perpusnas terkait pemanfaatan dan pengembangan sumber daya  perpustakaan di lingkungan Kemendagri, seperti pengembangan sumber daya  perpustakaan dan kepustakawanan, pengembangan teknologi informasi dan  komunikasi (TIK) di bidang perpustakaan, pengembangan pangkalan katalog induk  nasional (KIN) dan repository digital Indonesia One Search (IOS), Ipusnas dan e- resources, penghimpunan karya cetak dan karya rekam (KCKR), serta perluasan  jejaring perpustakaan lingkup nasional dan internasional.



Berita Terkait

Aplikasi Cakap Pionir Komunikasi Bahasa Dua Arah

08 Apr 2019, 14:18

Lima tahun terakhir Squline mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan menjadi platform pembelajaran bahasa terbesar di Indonesia dengan 100.000 lebih pengguna. Perusahaan startup pengembang aplikasi ...