Untitled Document

Petani sebagai Penggerak Pembangunan Berkelanjutan KEMENTERIAN

Petani sebagai Penggerak Pembangunan Berkelanjutan


Suaraterkini.com - Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan jejaring mitra terkait, perwakilan kabupaten/kota menggelar rangkaian diskusi dan peresmian “Menuju Kabupaten Lestari Transformasi Petani sebagai Penggerak Pembangunan Berkelanjutan” yang dihadiri sejumlah kabupaten/kota di Jakarta.

LTKL merupakan suatu forum kemitraan menuju kolaborasi berdampak untuk mendorong percepatan yuridiksi berkelanjutan yang menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, dengan fokus pada tata kelola lahan, baik di dalam dan/atau antar-Kabupaten melalui metode pelibatan inovatif  sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) memerlukan komitmen serius dari pemerintah daerah.

“Anggota LTKL dapat menjadi champion yang menggerakkan semangat berkolaborasi, tukar pengetahuan dan informasi, serta bekerjasama antar-kabupaten untuk penerapan langkah mencapai pembangunan kabupaten secara berkelanjutan yang menyeimbangkan aspek-aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam kebijakan, perencanaan, anggaran, dan implementasi program-program di kabupaten,” jelas Rakhmat Witoelar, Staf Khusus Presiden untuk Perubahan Iklim.

Sementara itu Sekretaris Jenderal APKASI sekaligus Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah mengatakan, Lingkar Temu Kabupaten Lestari punya potensi besar untuk mendorong pemberdayaan masyarakat desa, khususnya di sektor pengembangan ekonomi. 

“Kami perlu bekerjasama untuk mengangkat harkat petani di berbagai wilayah nusantara maupun ekonomi nasional melalui kepastian hukum dan tenurial serta skema pendaan inovatif guna memfasilitasi petani meningkatkan daya saing,“ jelas Nurdin.



Berita Terkait

SMP Negeri 6 Bekasi Gelar Upacara Penutupan MPLS

18 Jul 2019, 14:41

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Bekasi menggelar upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020. Kepala Sekolah SMPN 6 ...