Untitled Document

XL Axiata – Holcim Kerjasama Beri Pelatihan Puluhan UMKM di Jabodetabek EKONOMI & BISNIS

XL Axiata – Holcim Kerjasama Beri Pelatihan Puluhan UMKM di Jabodetabek


Suaraterkini.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Holcim Indonesia (Holcim) bekerjasama memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kedua pihak berkomitmen membantu lebih dari 60 UMKM yang tersebar di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk bisa lebih maju dalam menjalankan bisnisnya. 

Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata mengatakan,” kami sangat senang karena mendapatkan kesempatan untuk bisa membantu puluhan rekan-rekan pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas mereka. 

Untuk itu, sesuai dengan bidang usahanya, XL Axiata memberikan dukungan berupa akses internet cepat dan sejumlah pelatihan untuk mendorong produktivitas UMKM tersebut,” terang dia.

Kami sepakat bahwa di Indonesia, UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian, yang tidak saja telah membuka lapangan kerja, namun juga terbukti tangguh saat kondisi ekonomi kurang menguntungkan. Dengan bantuan teknologi digital yang tepat, kami yakin UKM bisa lebih maju dan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia ke depan.”

Untuk dukungan berupa internet cepat, XL Axiata memberikan akses gratis selama 1 tahun untuk pusat pembinaan UMKM bernama “Dapoer Sampireun”, yang mendapatkan dukungan program dari Holcim. Keberadaan internet cepat ini kemudian dimanfaatkan untuk memasarkan produk lewat media sosial, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengembangan, sistem administrasi digital, serta akses bagi konsumen ke pusat UMKM. Seluruh fasilitas yang diberikan bisa diakses oleh 240 UMKM lainnya yang terafiliasi dengan Dapoer Sampireun.

Sementara untuk pelatihan peningkatan bisnis, XL Axiata mengadopsi kurikulum yang sudah tersedia dalam Program Sisternet. Pelatihan yang diselenggarakan ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada para pengelola UMKM untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai keunggulan teknologi internet, ekonomi digital, serta potensi ekonomi di daerah mareka masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, GA & Community Relations Manager Holcim Indonesia Pabrik Narogong, Edi Prajitno, mengatakan, “Ini merupakan bentuk kerjasama yang sangat bagus antara XL Axiata dan Holcim, dengan kapasitas masing-masing kita sharing resources, saya yakin UMKM di Dapoer Sampireun di sini akan semakin sejahtera dengan kemampuan pemasaran digital yang mereka pelajari”.

Lebih dari 60 UMKM yang mendapatkan dukungan dari program ini sebagian besar dimotori oleh para perempuan. Mereka terutama memproduksi produk kuliner, makanan kecil, hingga kerajinan tangan. Sebagian besar masih berupa usaha rumahan dengan skala penjualan yang relative masih kecil, dengan pemasaran yang terbatas. Meski demikian, sebagian lainnya telah mulai berhasil memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan layanan online dan e-commerce.
 
 



Berita Terkait