Untitled Document

Taiwan Jajal Pasar Industri Teknologi Pengolahan Air Indonesia EKONOMI & BISNIS

Taiwan Jajal Pasar Industri Teknologi Pengolahan Air Indonesia


Suaraterkini.com - Setelah sukses memasarkan produk-produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kini Taiwan menjajal pasar industri teknologi pengolahan air di Indonesia. Terlebih lagi, dalam beberapa tahun terakhir, pengolahan air menjadi fokus kebijakan Pemerintah Indonesia. Untuk mengimplementasikan upaya tersebut, sejumlah perusahaan teknologi pengolahan air Taiwan mengikuti ajang pameran Indowater 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, yang digelar dari tanggal 12-14 Juli 2017.

"Di Asia itu lagi ramai pencemaran air. Kita harapkan ada kerjasama dengan indonesia," kata Chairman Taiwan Environmental Manufacturers Association, Charles Kao usai acara 'Taiwan Water Industry Seminar' yang diadakan disela-sela pameran Indowater, Rabu (12/07/2017).

Charles lantas menceritakan, bahwa teknologi pengolahan air limbah di Taiwan itu sudah sangat maju dan bagus sekali. Meskipun produk untuk industri air memang banyak dari negara lain, tapi sertifikasi dari Taiwan itu katanya jauh lebih baik dari negara lain.

"Perusahaan Taiwan itu lebih mengutamakan permintaan. Artinya Taiwan akan membuat mesin sesuai kebutuhan, agar bisa menjadi solusi untuk masalah yang terjadi pada suatu daerah. Ini kesempatan untuk bekerjasama dalam pameran ini," ujarnya.

Dalam pameran Indowater 2017, terdapat kurang lebih sebanyak 28 perusahaan Taiwan di bidang industri pemurnian air dan pengolahan air rumah tangga yang ikut berpartisipasi. Antara lain Walrus Pump, Delta Electronics Inc., EMS, Value Valves Co., Ltd. dan lainnya. Produk-produk yang dipamerkan yakni meliputi sistem penyaringan air industri, peralatan permurnian air, peralatan pengolahan limbah air, pump valve, aksesoris pipa, dan lain-lain yang secara keseluruhan menunjukkan gambaran keunggulan teknologi industri air Taiwan.

Dalam bidang pengolahan air industri, Walrus Pump menampilkan vektor yang mengontrol alat konversi frekuensi, hingga sistem pendingin. Ada pula skema aplikasi yang dapat menaikkan kinerja konversi frekuensi elektrik, sehingga menghemat energi dan melindungi peralatan. Di sisi lain, teknologi Long Chen Drinking Water Equipment Co., Ltd (LCW) juga menampilkan produk Soda Water Cold Warm Hot Dispenser. Dimana melalui sterilisasi osmosis non-air minum yang akan masuk ke dalam sistem penyaring, kemudian langsung disaring bersih hingga menjadi air yang siap diminum.

Ditempat yang sama, Chairman of Board of Directors Taiwan Water Corporation, Kuo Chun Ming berpendapat bahwa sebenarnya ada banyak perusahaan atau produk teknologi air yang terkenal, akan tetapi mereka tidak pernah unjuk gigi.

Maka dari itu, melalui ajang pameran Indowater 2017, Taiwan akan mulai gencar memasarkan serta mengembangkan teknologi pengolahan air. Salah satu proyek yang akan dikembangkan itu yakni Smart Water Future, yang mengutamakan sistem robotik atau otomatis.

"Misalnya meteran air yang menggunakan wi-fi, atau pengontrolan pipa air yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Sehingga akan dapat mengurangi tingkat kebocoran, serta mencegah masuknya kotoran. Smart manajemen, bisa cepat ditangani," tutur dia.



Berita Terkait